Manfaat Nikel untuk Kehidupan Sehari-hari, Apa Saja?

Manfaat Nikel untuk Kehidupan Sehari-hari, Apa Saja?

Nikel merupakan bagian hasil pertambangan dalam kategori logam. Jenis logam ini berasal dari sisa-sisa tumbuhan atau makhluk hidup yang terkubur dalam tanah selama jutaan tahun.

Awalnya nikel yang berwarna mirip perak dianggap sebagai logam pengotor pada tembaga. Namun ternyata, nikel mempunyai peran penting bagi manusia.

Meski tidak sepopuler batu bara, besi, maupun minyak bumi, nikel juga bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari.

Baca Juga : Industri Tambang Membutuhkan Pekerja Kompeten

Berikut ulasan seputar manfaat nikel bagi kemaslahatan umat manusia yang dirangkum dari berbagi sumber.

Pembuatan Rangka Otomotif

Rangka otomatif seperti velg, bumper, dan knalpot pada mobil atau sepeda motor banyak menggunakan nikel dalam pembuatannya. Hal ini bertujuan supaya hasilnya lebih mengkilap, tidak cepat berkarat, awet dan tidak mudah rusak.

Pembuatan Stainless Steel

Bahan nikel juga banyak digunakan untuk pembuatan perabotan rumah tangga dari stainless steel karena tahan karat.

Stainless steel biasanya terbuat dari bijih besi yang dicampur dengan nikel dan krom supaya tidak mudah teroksidasi oleh air dan udara.

Oleh sebab itulah stainless steel tidak mudah berkarat seperti besi biasa. Peralatan dapur seperti sendok dan garpu biasanya terbuat dari logam nikel.

Pembuatan Koin

Pada umumnya uang koin di Indonesia terbuat dari nikel karena sifatnya yang mudah dibentuk dan alot. Pada tahun 2010, Bank Indonesia meresmikan mata uang koin dengan bahan nikel yakni pecahan Rp 1000. Bila dibandingkan dengan aluminium, nikel lebih padat dan berat.

Pembuatan Kawat

Nikel juga dapat digunakan unutk campuran pembuatan kawat karena sifatnya yang anti tahan karat. Misalnya dalam pembentukan turbin pesawat.

Nikel juga termasuk konduktor panas yang baik. Sehingga bisa dimanfaatkan sebagai alat laboratorium untuk menghantarkan panas.