Fungsi Batu Bara di Kehidupan Sehari–hari

Selain menjadi sumber daya alam yang dapat bersaing di pasar Internasional, fungsi batu bara memiliki manfaat untuk kehidupan sehari–hari. Mengingat negara Indonesia memiliki jumlah batu bara yang melimpah.

Berikut ini manfaat dan fungsi batu bara bagi kehidupan sehari–hari :

1. Bahan Bakar Kereta Api

Saat ini, cukup jarang kereta yang menggunakan batubara sebagai bahan bakar. Tapi untuk generasi milenial sekarang, Anda wajib tahu bahwa batu bara berperan besar dalam menggerakkan moda transportasi massal kereta api pada jaman dulu. Alasannya karena penggunaan batu bara adalah karena harganya yang relatif murah dan hemat dalam pembakaran.

2. Sebagai Pembangkit Listrik

Bagi kalian yang tinggal di sekitar danau atau bendungan tentu lebih mengenal nama PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air). Namun ternyata pembangkit listrik itu banyak macamnya, salah satunya adalah batu bara ini.

Berhubung batu bara di Indonesia sangat melimpah, dan pasokan listrik di sini masih belum memenuhi kebutuhan penduduk di beberapa daerah pelosok, maka sudah menjadi keharusan kita mendukung pembangkit-pembangkit listrik yang menggunakan batu bara sebagai bahan bakunya. Hal ini semata-mata agar setiap daerah di Indonesia bisa merasakan listrik yang merata.

Baca Juga : ESDM Luncurkan Aplikasi MVP Penjualan Batubara

3. Penghasil Produk Gas

Patut diketahui, ternyata batu bara memang menghasilkan gas secara langsung. Dengan sebuah tekonologi canggih, gas yang dihasilkan batu bara tersebut disedot dan diolah lagi menjadi bahan bakar dan produk gas hidrogen dan solar.

4. Bahan Pembuat Plastik

Ketersediaan batu bara berperan sangat penting bagi industri pembuatan plastic. Batu bara digunakan untuk pembakaran beberapa komponen biji plastic. Batu bara menghasilkan panas yang khusus sehingga sangat baik untuk mendukung kualitas plastic dan proses pembuatannya.

5. Pengganti Minyak Tanah

Batu bara dapat dimanfaatkan sebagai pengganti minyak tanah, yakni dalam bentuk briket batu bara. Mengingat kelangkaan minyak tanah, pemanfaatan batu bara ini ternyata di nilai efektif dan juga ekonomis.