Manajemen Mutu Petrosea

Manajemen mutu merupakan salah satu aspek terpenting bagi Petrosea. Hal ini tercermin dari keputusan Petrosea untuk menjadikan manajemen mutu sebagai salah satu nilai inti Perusahaan.

Manajemen Mutu Petrosea
Manajemen Mutu Petrosea

Nilai penting manajemen mutu Petrosea adalah kecermatan tinggi dan tingkat mutu yang harus selalu diupayakan pada level terbaik. Dua hal tersebut senantiasa dituntut dari Petrosea.

Kemampuan untuk mewujudkan keduanya adalah nilai tambah yang dapat diberikan Petrosea kepada seluruh pelanggan. Aspek inilah yang membedakan Perusahaan, memberikan keunggulan kompetitif di pasar dan memungkinkan Perusahaan untuk menjalin hubungan baik dengan seluruh pelanggannya.

Oleh karena itu, menciptakan nilai tambah yang nyata pada kegiatan operasional dan kinerja bisnis pelanggan merupakan prioritas utama Petrosea. Petrosea Quality Management System (PQMS) dikembangkan demi mencapai tujuan itu, serta berfungsi untuk saling melengkapi dengan aspek Kesehatan, Keselamatan Kerja & Lingkungan.

Di Petrosea, implementasi PQMS senantiasa menggunakan standar terbaik. Di saat bersamaan, PQMS juga dirancang agar dapat mengikuti perkembangan zaman dan perubahan permintaan serta ekspektasi pelanggan. Untuk itu, PQMS selalu mengalami penyempurnaan. Kebutuhan pengembangan sistem pun dikaji secara teratur oleh pemilik proses bisnis.

Baca juga: Pengusaha Pertambangan Mulai Terapkan Teknologi Blockchain

Sepanjang tahun 2017, kegiatan Petrosea dalam hal manajemen mutu meliputi rejuvenasi PQMS serta serangkaian kegiatan rutin lainnya. Salah satu kegiatan ini adalah audit internal yang dilaksanakan di unit usaha dan unit pendukung. Audit memiliki tujuan untuk menguatkan pengendalian internal dan memberikan rekomendasi untuk perbaikan sistem.

Selanjutnya, tahun 2017 juga menandai 17 tahun Petrosea mempertahankan Standar Mutu Internasional ISO 9001:2008. Sertifikasi ini dikeluarkan oleh badan sertifikasi Lloyd’s Register Indonesia, yang mensyaratkan pelaksanaan audit pengawasan dua kali dalam setahun oleh badan yang sama.

Sertifikasi ini terakhir diperbarui pada tahun 2015 dan berlaku hingga 25 Maret 2018. Selama 2017, Petrosea telah melakukan persiapan perubahan PQMS untuk mengikuti standar baru ISO 9001:2015. Perusahaan berencana untuk meningkatkan sertifikasi ISO 9001 saat ini kepada standar baru tersebut pada saat pembaruan sertifikat di tahun 2018 nanti.

Sertifikasi mutu Petrosea mencakup project management, business mining operation, design, construction and installation of multidisciplinary engineering projects and services of offshore supply base including cargo handling and logistic services in the fields of oil and gas, mineral & mining infrastructure and industrial manufacturing. Tidak ada ketidaksesusaian signifikan yang dikeluarkan oleh Lloyd’s Register Indonesia sejak memberikan sertifikat ini kepada Petrosea.

Kedepannya, Petrosea akan terus mempertahankan kinerja dan standar mutu tinggi yang telah dicapai untuk terus menerus memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh pelanggan.