Macam-Macam Energi Alternatif

Macam-Macam Energi Alternatif

Macam-Macam-Energi-Alternatif
Macam-Macam Energi Alternatif

Bahan bakar fosil seperti batu bara, minyak bumi dan gas memang merupakan tiga elemen utama sebagai sumber energi yang menyokong keberlangsungan hidup manusia.

Bahkan dapat dikatakan bahwa aktivitas sehari-hari manusia tidak bisa lepas dari ketiga energi ini. Sayangnya, ketiga elemen tersebut termasuk dalam energi yang tidak dapat terbarukan.

Semakin meningkatnya pertumbuhan penduduk di seluruh dunia, maka penggunaan energi juga meningkat dalam jumlah yang semakin banyak. Dengan begitu, energi ini akan terus berkurang dan terbatas.

Jika sampai habis maka sudah dapat dipastikan aktivitas manusia pun akan terganggu. Ini yang menjadi alasan, mengapa saat ini setiap negara mulai mengambangkan teknologi baru untuk mencari sumber energi lain pengganti energi konvensional.

Upaya yang saat ini sedang dilakukan berbagai negara termasuk Indonesia, adalah mengembangkan sumber energi alternatif.

Baca Juga: Manambah Kepemilikan Saham Petrosea (PTRO)

Energi alternatif merupakan energi yang dapat digunakan untuk menggantikan bahan bakar konvensional.

Energi ini juga dikembangkan sebagai salah satu upaya untuk mengurangi dampak kerusakan lingkungan, yang umumnya disebabkan oleh penggunaan bahan bakar hidrokarbon pada energi konvensional.

Selain dapat mengurangi penggunaan energi konvensional dan dampak kerusakan lingkungan, ternyata energi alternatif juga mempunyai berbagai manfaat lain yang dapat berguna untuk kehidupan manusia.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut macam-macam energi alternatif dan manfaatnya yang perlu diketahui.