Lampaui China! Australia Jadi Negara Penghasil Emas Terbesar

0
3
Lampaui China! Australia Jadi Negara Penghasil Emas Terbesar
Lampaui China! Australia Jadi Negara Penghasil Emas Terbesar

Saat ini, Australia menjadi negara penghasil emas terbesar di dunia, melampaui China untuk pertama kalinya. Hal ini tentunya menjadi sinyal positif bagi para perusahaan pertambangan emas di Australia.

Direktur Surbiton Associates, Sandra Close mengatakan, ini merupakan kali pertama Australia dapat melampaui China yang sudah menjadi negara penghasil emas terbesar di dunia sejak tahun 2007. Seperti yang diketahui, pada enam bulan pertama 2021, China memproduksi emas 153 ton dan Australia memproduksi 157 ton.

Diketahui dalam dua tahun terakhir, emas yang dihasilkan Australia memang terus meningkat. Pada tahun 2019/2020 misalnya, sekitar 328 ton emas berhasil ditambang di Australia, jumlah produksi tertinggi dalam satu tahun.

Australia juga menghasilkan emas yang lebih bervariasi karena negara tersebut memiliki sejumlah pertambangan emas dalam berbagai skala. Emas juga menjadi aset utama untuk Australia. Di tengah situasi pandemi Covid-19 saat ini, permintaan emas dan perak masih melambung tinggi. 

Meskipun adanya tren naik turun dari segi harga, tetapi hingga bulan Agustus tahun lalu, harga emas Australia terus mengalami kenaikan dan pernah melampaui harga AS$2.000 per ons. 

Baca Juga : Harga Emas Antam Terjun Bebas di Level Rp 903 Ribu

Faktor terbesar lainnya yang mempengaruhi harga emas dunia saat ini adalah kebijakan Bank Sentral Amerika Serikat (AS) dan dolar AS yang melemah. Walau Bank Sentral Australia terus berusaha membeli obligasi di pasar, Bank Sentral AS belum melakukan hal tersebut. Tidak adanya pembelian obligasi ini akan menjadi sinyal positif bagi emas. 

Meskipun hubungan antara harga emas dan pergerakan dolar AS di masa lalu tidak terlalu berpengaruh, namun dalam beberapa tahun terakhir pergerakan nilai dolar terbukti sebabkan meningkatnya harga emas. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here