Konsumsi Energi Diprediksi Naik Pada 2021

Must read

Konsumsi Energi Diprediksi Naik Pada 2021
Konsumsi Energi Diprediksi Naik Pada 2021

Dewan Energi Nasional (DEN) Djoko Siswanto meramalkan, konsumsi energi akan naik pada 2021, mulai dari minyak, gas, hingga batu bara untuk kelistrikan.

Sekretaris Jenderal DEN Djoko Siswanto mengatakan proyeksi ini berasal dari realisasi konsumsi energi pada 2020 dan asumsi pertumbuhan ekonomi pada 2021. 

Realisasi konsumsi rumah tangga secara keseluruhan memang cenderung turun dari tahun sebelumnya, tapi perekonomian diperkirakan bakal perlahan pulih sehingga konsumsi energi mungkin membaik pada tahun ini.

“Sebenarnya pemerintah sedang finalisasi proyeksi demand (permintaan) untuk tahun ini dan tahun-tahun berikutnya. Tapi kami prediksi demand energi 2021 sedikit naik dari 2020,” kata Djoko pada Kamis (4/2/2021).

Untuk konsumsi sektor kelistrikan, Djoko mengatakan permintaan proyeksi DEN akan tumbuh sekitar 2,25 persen. Sementara untuk minyak dan gas (migas) juga diperkirakan bakal naik, tapi belum ada angka pastinya.

“Setidaknya akan lebih baik daripada demand energi di 2020 yang stagnan, bahkan sebagian komoditas turun, seperti BBM, khususnya avtur,” imbuh Djoko. 

Baca Juga : Transisi EBT Tak Bisa Dipaksa Langsung

Kendati permintaan energi kemungkinan hanya naik tipis, Djoko mengatakan, DEN tetap menargetkan peningkatan porsi Energi Baru Terbarukan (EBT) pada bauran energi pada tahun ini. 

Menurut Pendapat Kamu ?

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest article