Kinerja Tambang Mineral Belum Terdampak Corona

Must read

Sejumlah perusahaan tambang mineral memastikan produksi dan penjualan masih terjaga meskipun telah muncul kasus virus corona di Indonesia.

Senior Vice President Corporate Secretary PT. Aneka Tambang Tbk (ANTM) Kunto Hendrapawoko bilang, sejauh ini sentimen virus corona belum mempengaruhi produksi perusahaan di awal tahun ini.

Kinerja-Tambang-Mineral-Belum-Terdampak-Corona
Kinerja Tambang Mineral Belum Terdampak Corona

“Aktivitas operasional ANTM masih berjalan normal seperti biasa. Dengan tetap waspada dan mitigasi risiko yang terjadi akibat penyebaran Covid-19,” jelas Kunto kepada Kontan.co.id, Rabu (4/3).

Dia memastikan ANTM terus melakukan langkah-langkah pencegahan penyebaran virus corona sesuai dengan anjuran yang diberikan pemerintah dan World Health Organization (WHO).

Kendati demikian, Kunto belum bisa memastikan seputar realisasi produksi di awal tahun. Yang terang, Sepanjang tahun lalu, Antam mencatatkan volume produksi unaudited feronikel sebesar 25. 713 TNi, atau naik sebesar 3% dibanding FY18 sebesar 24.868 TNi.

Adapun, tingkat penjualan unaudited feronikel pada tahun 2019 mencapai 26.349 TNi, atau tumbuh 9% dibanding tahun sebelumnya.

“Untuk komoditas emas, volume produksi unaudited emas dari tambang Pongkor dan Cibaliung di tahun 2019 tercatat sebesar 1.963 kg (63.111 troy oz). ANTAM juga mencatatkan total volume produksi unaudited bijih nikel yang digunakan dalam produksi feronikel serta penjualan domestik dan ekspor tercatat sebesar 8,70 juta wet metric ton (wmt),” ujar Kunto.

Baca Juga: Pengusaha Apresiasi Kebijakan Hilirisasi Nikel

Ia melanjutkan, untuk bauksit, ANTAM mencatatkan volume produksi unaudited 1,73 juta wmt, naik sebesar 57% dibandingkan volume produksi bauksit pada FY18 sebesar 1,10 juta wmt.

Senada, Vice President Corporate Communication PT. Freeport Indonesia Riza Pratama bilang hingga saat ini belum ada dampak yang dirasakan.

“Untuk produksi sejauh ini tidak ada hambatan dan berjalan normal. Untuk penjualan belum ada yang dikirim ke China untuk saat ini,” terang Riza, Rabu (4/3).

Menurut Pendapat Kamu ?

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest article