Kinerja Petrosea Meningkat Pesat!

Kinerja Petrosea Meningkat Pesat!

Kinerja-Petrosea-Meningkat-Pesat!
Kinerja Petrosea Meningkat Pesat!

Kinerja 3 tahun terakhir Petrosea mecatatkan kinerja yang cemerlang.

Kenaikan laba lebih dari dua kali lipat pada kuartal III 2018. ROE 12,8% dan berpeluang untuk kembali naik di masa yang akan datang.

Historis pembayaran dividen bagus, dan PBV 0,65 kali (pada harga Rp1.750). Ini adalah sedikit catatan prestasi Petrosea.

Dengan begitu jelas saham Petrosea Tbk (PTRO) patut dipertimbangkan.

Petrosea adalah perusahaan kontraktor tambang batubara , jasa engineering dan konstruksi infrastruktur tambang, dan jasa pendukung kegiatan tambang migas.

Namun, sebagian besar pendapatan perusahaan berasal dari kontraktor tambang batubara.

Oleh sebab itu, kinerja PTRO hampir sepenuhnya tergantung oleh perkembangan industri batubara.

PTRO dimiliki dan dikendalikan oleh Indika Energy Tbk (INDY). Sekaligus merupakan bagian kecil dari jaringan usaha energi terintegrasi milik INDY.

Klien terbesar PTRO, PT. Kideco Jaya Agung, adalah juga anak usaha dari INDY sejak Desember 2017 lalu.

Dan Kideco sejak 2017 lalu sudah meminta PTRO untuk meningkatkan volume produksi batubara. Hal ini dilakukan seiring dengan mulai naiknya harga batubara ketika itu.

Sebagai perusahaan batubara terbesar ketiga di Indonesia (setelah Kaltim Prima Coal, dan Adaro Energy). Kideco punya beberapa kontraktor untuk menggali batubara miliknya.

Baca Juga: PTRO Raih Indonesia Digital Innovation Award 2020

Namun Petrosea diuntungkan karena statusnya sebagai sesama anak usaha INDY.

Tapi yang juga perlu diingat, PTRO merupakan perusahaan jasa tambang batubara, yang baru akan memperoleh bayaran dari klien pemilik batubaranya setelah batubara selesai digali dan diangkut ke pelabuhan.