Kemilau Masa Depan Jurusan Teknologi Pertambangan

Kemilau Masa Depan Jurusan Teknologi Pertambangan

Kemilau Masa Depan Jurusan Teknologi Pertambangan
Kemilau Masa Depan Jurusan Teknologi Pertambangan

Indonesia diberkahi keberlimpahan sumber daya alam yang mampu memberikan sumbangsih sangat besar pada pendapatan negara.

Pengelolaan potensi ini tentunya harus didukung dengan tenaga Sumber Daya Manusia (SDM) yang kompeten, berkualitas dan dapat menerapkan Good Mining Practices yang tidak mengabaikan kaidah-kaidah pertambangan dalam penerapan dalam aspek lingkungan.

Demi mewujudkan SDM berkualitas dalam mengelola pertambangan, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia mendirikan Politeknik Energi dan Pertambangan (PEP) Bandung.

Salah satu program studi favorite di PEP Bandung adalah Teknologi Pertambangan, yang tidak hanya diminati oleh pendaftar umum tetapi juga dari industri pertambangan.

Terbukti di tahun pertama dan kedua ini, beberapa perusahaan tambang di Indonesia turut mengirimkan mahasiswa untuk berkuliah pada program studi ini.

Saat ini PEP Bandung telah bekerja sama dengan PT. Ganda Alam Makmur, PT. Bukit Asam, Tbk, PT. Pamapersada Nusantara, dan PT. Bumi Suksesindo. PEP Bandung terus berupaya menambah kerja sama-kerja sama dengan berbagai industri pertambangan di seluruh Indonesia.

Program studi teknologi pertambangan adalah salah satu ilmu yang mempelajari eksplorasi dan eksploitasi bahan galian/sumber daya mineral seperti emas, perak, aluminium, besi dan lain sebagainya.

Di program studi ini mempelajari proses pertambangan yang terdiri dari kegiatan penyelidikan umum (prospeksi), eksplorasi penambangan, pengolahan bahan tambang (eksploitasi), pengangkutan, sampai dengan pemasaran hasil tambang yang tentunya di PEP Bandung ini akan diajarkan sesuai dengan perkembangan teknologi saat ini.

Prospek kerja setelah lulus dari program studi Teknologi Pertambangan adalah dapat bekerja di berbagai perusahaan pertambangan.

Lulusan Teknologi Pertambangan juga tak melulu harus turun lapangan dan mengunjungi area-area tambang yang memiliki resiko kecelakaan tinggi.  

Baca Juga: Pemerintah Kebut PP Minerba Demi Kelanjutan Kontrak

Kamu juga bisa bekerja sebagai surveyor pertambangan, analis, dan bahkan konsultan.

Prospek karir lainnya untuk lulusan program studi ini adalah seperti ahli hidrologi, ahli tambang dan geologi, ahli pengeboran bumi (non minyak dan gas), ahli teknik energi, dan lainnya.

Keunggulan Teknologi Pertambangan PEP Bandung

Di PEP Bandung, kegiatan perkuliahan juga banyak terjun ke praktek sehingga akan memudahkan nantinya saat benar-benar terjun dalam dunia kerja.

Lalu ada kelebihan lain seperti magang selama satu tahun di perusahaan tambang.

Sebelum lulus tentunya juga para mahasiswa akan dibekali dengan sertifikasi yang disesuaikan dengan program studinya dan dibutuhkan oleh dunia industri pertambangan.