Kemilau Emas Belum Jamin Peningkatan Kinerja

Kemilau Emas Belum Jamin Peningkatan Kinerja

Kemilau Emas-Belum-Jamin-Peningkatan-Kinerja
Kemilau Emas Belum Jamin Peningkatan Kinerja

Pada 2019, sejumlah emiten berhasil mencatatkan kinerja pendapatan cukup impresif.

Seiring dengan harga komoditas emas yang mengilap akibat sentimen perang dagang antara AS dan China.

Emiten tambang emas diprediksi tetap mendapatkan tekanan untuk mencatatkan kinerja yang ciamik pada tahun ini meskipun harga emas diproyeksi semakin melejit.

Terpuruknya harga komoditas logam dasar menjadi salah satu pemicu tekanan emiten tambang yang memproduksi emas.

Untuk diketahui, pada 2019 sejumlah emiten berhasil mencatatkan kinerja pendapatan cukup impresif seiring dengan harga komoditas emas yang mengilap akibat sentimen perang dagang antara AS dan China.

Sepanjang tahun lalu harga emas berhasil terapresiasi sebesar 18 persen. Sejalan dengan hal itu, emiten emas seperti PT. Merdeka Copper Gold Tbk. Berhasil mencatatkan kenaikan pendapatan sebesar 36 persen secara year on year menjadi US$402,03 juta.

Selain itu, PT. Aneka Tambang Tbk. (ANTM) mencatatkan penjualan sebesar Rp. 32,7 triliun pada 2019, lebih tinggi 29,4 persen dibandingkan dengan perolehan pada 2018.

Proyeksi harga emas bullish pun berlanjut hingga tahun ini seiring dengan sentimen pandemi Covid-19.

Sepanjang tahun berjalan 2020, harga emas di pasar spot telah terapresiasi 13,84 persen. Kemudian parkir di level US$1.735,6 per troy ounce.

Baca Juga: Harga Batu Bara Akhirnya Naik Tipis

Adapun, tahun ini emas sempat menyentuh level tertinggi US$1.788,8 per troy ounce.

Kendati demikian, prospek harga emas yang semakin silau itu tidak serta merta membuat kinerja emiten emas akan moncer pada tahun ini.

Mengutip riset PT. Ciptadana Sekuritas Asia, pandemi Covid-19 telah melemahkan harga tembaga yang juga menjadi salah satu hasil tambang MDKA.

Pada tahun ini, harga tembaga sempat jatuh ke level US$4.371 per ton dan telah bergerak melemah sekitar 16,53 persen secara year to date.