Kajian Peluang Investasi Di Lahan Eks Tambang

Kajian Peluang Investasi Di Lahan Eks Tambang

Kajian Peluang Investasi Di Lahan Eks Tambang
Kajian Peluang Investasi Di Lahan Eks Tambang

Pertambangan di Provinsi Kalimantan Timur terdiri dari beberapa macam yang meliputi diantaranya tambang emas, tambang minyak dan tambang batubara.

Areal pertambangan yang berkembang cukup pesat dan mengalami perluasan area eksplorasi. Ini terjadi di wilayah Kalimantan Timur adalah tambang batubara setelah era penebangan hutan dan industri perkayuan.

Berdasarkan data yang di peroleh dari dinas Pertambangan dan Energi Provinsi  Kalimantan Timur. Konsesi lahan tambang batu bara yang sedang dieksploitasi hingga tahun 2009 ± 281.953  ha ha. 

Sedangkan menurut hasil analisis data menggunakan data citra landsat tahun 2010 menunjukan bahwa luas Lahan tambang batubara hanya sekitar 80,727 ha.

Perbedaan luas tersebut terjadi akibat tampilan yang terdeteksi oleh citra landsat hanya lahan tambang batubara yang masih\terbuka.

Sedangkan yang mengalami revegetasi hasil reklamasi sulit dipisahkan dengan Landuse/landcover lainya seperti semak belukar.

Proses kegiatan pertambangan batubara diwilayah Provinsi Kalimantan Timur yang menggunakan teknik penambangan terbuka (open pit mining) dengan metode gali- isi kembali (Back fillings method) yang tidak di lakukan proses metode gali-isi Lubang-lubang pada permukaan tanah.

Berdasarkan data dari Dinas Pertambangan dan Energi Provinsi Kalimantan Timur (2011) jumlah lubang (void) pada permukaan tanah dari sisa dari kegiatan proses penambangan batubara  mencapai luasan sebesar 860,36 Ha.

Baca Juga: Perlukah Industri Tambang Dapat Insentif?

Jumlah void dari hasil kegiatan proses penambangan pada beberapa perusahaan yang berada di wilayah Provinsi Kalimantan Timur dapat dilihat pada Tabel 2.1 jumlah dan luas void untuk perusahaan PKP2B.