Kabar Baik! Timah Kembali Sentuh Rekor Tertinggi

Must read

Di bursa timah ICDX harga komoditas timah kembali berhasil menyentuh rekor tertingginya dan hal ini sekaligus mengukuhkan timah sebagai komoditas tambang yang memiliki daya utilisasi tinggi dan prospeknya kian cerah. 

Berdasarkan laporan yang dirilis, harga timah sudah berada US$ 32,400 per metrik ton. Naiknya harga timah tersebut menjadi tanda bahwa ketergantungan dunia terhadap produksi timah di Indonesia cukup besar.

Sebagai informasi, kebutuhan dunia akan timah naik tajam sejalan dengan restriksi pandemi Covid-19. Pandemi mempercepat adaptasi manusia terhadap teknologi, dan komoditas timah merupakan salah satu bahan esensial dalam produksi elektronik, industri otomotif elektrik dan renewable energy.

Tentunya sebagai negara eksportir timah nomor satu di dunia, Indonesia akan menjadi poros timah dunia dalam perdagangan timah secara global.

“Indonesia berpotensi menjadi menjadi tulang punggung timah dunia di tahun ini, mengingat potensi timah dan kapasitas smelter Indonesia memungkinkan dapat memproduksi timah dengan tujuan ekspor lebih tinggi lagi,” kata Bambang, Kepala logistik ICDX dalam keterangan tertulis pada Sabtu (1/5/2021).

Kendati demikian, tingginya permintaan timah tidak dapat dipenuhi secara maksimal, mengingat volume total produksi timah Indonesia dan China yang terbatas. Rendahnya pasokan timah global turut menjadi katalis rekor harga timah tertinggi di bursa ICDX dalam sepuluh tahun terakhir.

Bambang berpendapat, timah yang diperdagangkan melalui ICDX berpotensi untuk mencatatkan harga yang stabil diatas harga London Metal Exchange (LME). Hal ini dikarenakan mutu dan kualitas timah di Indonesia jauh lebih baik dibandingkan produsen di negara lain.

Baca Juga : Sejarah Pertambangan Timah di Pulau Bangka

“Hal ini diharapkan dapat mengakselerasi pertumbuhan industri timah domestik dan menambah devisa hasil ekspor dan royalti secara maksimal. Serta Indonesia bisa menjadi poros dalam pengembangan teknologi dengan timah sebagai bahan baku esensial,” tandasnya. 

Menurut Pendapat Kamu ?

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest article