K3 Petrosea, Keselamatan & Kesehatan Kerja

K3 Petrosea
K3 Petrosea, Keselamatan & Kesehatan Kerja

PT Petrosea Tbk berkomitmen penuh untuk memastikan bahwa hak-hak mereka terpenuhi dengan implementasi praktikpraktik terbaik di bidang (K3) Keselamatan & Kesehatan Kerja. Oleh karena itu, bagi Petrosea karyawan adalah aset utama sekaligus tulang punggung Perusahaan dalam mencapai tujuan usaha.

Bagi Petrosea, pengelolaan terbaik di bidang K3 mengandung arti bahwa Perusahaan berupaya memenuhi ekspektasi karyawan sebagai pemangku kepentingan dan memberikan perlindungan memadai kepada mereka dari peristiwa kecelakaan ataupun penyakit akibat kerja.

Komitmen tanggung jawab sosial Petrosea terhadap pemenuhan aspek K3, dilaksanakan melalui penetapan kebijakan, tujuan dan program-program K3 sesuai norma-norma dan peraturan terkait yang berlaku saat ini.

Baca juga: Tinjauan Perekonomian Dan Industri Petrosea (PTRO)

Kebijakan & Prinsip K3 Petrosea

Pernyataan Kebijakan Dasar K3 Petrosea adalah sebagai berikut:

  • Keselamatan dan kesehatan seluruh karyawan, masyarakat dan lingkungan yang menjadi prioritas utama di manapun Perusahaan beroperasi.
  • Petrosea memastikan lingkungan kerja yang aman dari kemungkinan terjadinya gangguan kesehatan dan kecelakaan kerja, dengan menerapkan standar kerja yang mengacu pada kebijakan tentang K3. Kebijakan ini mengatur pencegahan terjadinya kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja, pengendalian bahaya atas potensi keselamatan dan kesehatan kerja pada setiap proses bisnis, serta kepatuhan terhadap peraturan perundangan tentang K3 yang berlaku.
  • Isu-isu K3 menjadi pertimbangan pokok dalam proses pengambilan keputusan. Selain itu, Perusahaan mengadopsi standar dan praktik terbaik untuk mengoptimalisasi pencapaian kinerja K3.

Prinsip K3, sebagai berikut:

  • Budaya Belajar Untuk menjadikan K3 sebagai bagian dari perilaku sehari-hari, Perusahaan mengadakan berbagai program pelatihan, komunikasi dan pembelajaran mengenai K3 untuk para karyawan. Melalui proses belajar dan pembenahan yang terus menerus, Perusahaan terus menumbuhkan sikap saling menjaga dan berbagai pengetahuan.
  • Pendekatan yang Konsisten Standar dan prosedur K3 secara konsisten dilaksanakan oleh Perusahaan untuk memenuhi target K3 yang sudah ditetapkan. Target ini antara lain adalah mencapai nol peristiwa fatalitas dan nol kecelakaan yang berakibat hilangnya jam kerja serta pencapaian indeks kinerja lingkungan.

Pada aspek Kesehatan Kerja, Petrosea mengelaola status kesehatan karyawannya melalui penerapan empat prinsip utama Kesehatan Kerja, yakni promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif. Petrosea terus mengembangkan implementasi dari empat prinsip kesehatan kerja tersebut.