Jepang Berencana Tambang Dasar Laut

Jepang Berencana Tambang Dasar Laut

Jepang-Berencana-Tambang-Dasar-Laut
Jepang berencana Tambang Dasar Laut

Penambangan bawah laut akan membantu Jepang mengurangi impor sumber daya, selain mengangkat derajat Jepang sebagai negara kaya sumber daya mineral.

Pemerintah Jepang ingin mengurangi ketergantungannya kepada sumber mineral impor dengan segera menambang dasar laut yang kaya sumber daya mulai 2020.

Koran terkemuka di Jepang, Yomiuri Shimbun, dalam terbitannya hari ini memberitakan, Jepang selama ini tergantung pada impor pada sumber daya mineral seperti tembaga, timah, emas, dan perak, sejak tambang lokal ditutup.

Berita di Yomiuri Shimbun itu juga dimuat di The Japan News, koran Bahasa Inggris yang masih satu kelompok.

Dalam jumpa pers pada akhir Januari, Tetsuro Urabe, profesor emeritus pada Universitas Tokyo, mengungkapkan, deposit yang ditemukan di dasar laut sungguh luar biasa.

Deposit itu terletak 1.400 meter di bawah permukaan lepas pantai Pulau Kumejima, Prefektur Okinawa.

‘’Mineral di sana kualitasnya sungguh luar biasa. Saya belum pernah melihat yang sebagus ini. Orang bisa mengatakan, penemuan ini mencengangkan,’’ kata Ureba.

Riset pencarian sumber daya ini dilakukan oleh Perusahaan Nasional Minyak, Gas, dan Logam Jepang (JOGMEC), menggunakan peralatan survei laut tanpa awak, yang bisa dikendalikan dari jauh.

Enam sampel diperiksa, ternyata memiliki kandungan tembaga 15-30 kali lebih banyak dibanding yang ada di tambang Amerika Selatan.