Jenis Tambang yang Melimpah di Indonesia

Jenis Tambang yang Melimpah di Indonesia

Jenis-Tambang-yang-Melimpah-di-Indonesia
Jenis Tambang yang Melimpah di Indonesia

Negeri kita adalah negara yang sangat kaya akan sumber daya alam. Berdasarkan sifatnya kekayaan sumber daya alam Indonesia dapat dikategorikan menjadi dua.

Pertama adalah sumber daya alam yang dapat diperbarui (sering juga disebut sumber daya alam terbarukan) dan yang kedua adalah sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui (dapat juga disebut sumber daya alam tak terbarukan).

Barang tambang baik logam dan non-logam termasuk ke dalam sumber daya alam tak terbarukan karena sebagian besar barang tambang tersubut merupan hasil proses yang kimiawi yang telah terbentuk dari zaman purba dan akan memerlukan waktu yang panjang jika akan diperbarui lagi.

Indonesia sangat luas dan membentang dari Sabang sampai Merauke. Kekayaan hasil tambang juga melimpah mulai dari pulau Sumatra hingga pulau Papua.

Berikut adalah daftar jenis-jenis barang tambang yang ada di Indonesia beserta penjelasannya.

Minyak Bumi

Salah satu pertambangan utama di Indonesia adalah minyak bumi. Minyak bumi berasal dari fosil berbagai material organik purbakala yang oleh proses geokimia berubah bentuk menjadi minyak.

Minyak bumi menjadi sangat penting karena kegunaannya untuk bahan bakar kendaraan, keperluan rumah tangga, pembangkit listrik, bahan baku industri, dan lain-lain.

Karena perannya yang cukup vital maka perubahan harga minyak bumi sangat berdampak pada kestabilan ekonomi.

Di Indonesia minyak bumi ditambang di banyak daerah. Di pulau Sumatra terdapat tambang di daerah Aceh, Riau, dan Muara Enim.

Di pulau Jawa pertambangan minyak bumi dilakukan di Wonokromo (Surabaya), Cepu (Cilacap), dan Majalengka (Jatibarang). Di Kalimantan terdapat tambang minyak bumi di Tarakan, Amuntai dan sungai Mahakam.

Begitu juga di kepulauan Maluku dan Papua. Selain di daratan, pertambangan Minyak Bumi juga terdapat di area lepas pantai.