Jenis Barang Tambang Yang Ada Di Indonesia

Jenis Barang Tambang
Sudut Energi – Jenis Barang Tambang Yang Ada Di Indonesia

Dalam dunia sumber daya alam dan mineral, terdapat dua jenis sumber daya alam, yaitu sumber daya alam yang dapat diperbaharui (terbarukan) dan tidak bisa diperbaharui (tidak terbarukan). Barang tambang termasuk ke dalam sumber daya alam tak terbarukan karena sebagian besar barang tambang terbentuk dari zaman purba dan akan memerlukan waktu yang sangat lama jika ingin diperbarui lagi.

Melihat Indonesia, Negeri ini memiliki kekayaan sumber daya alam yang tinggi. Indonesia sangat luas dan membentang dari Sabang sampai Merauke. Kekayaan hasil tambang juga melimpah mulai dari pulau Sumatra hingga pulau Papua.

Berikut adalah daftar jenis barang tambang yang ada di Indonesia:

Baca juga artikel terkait Jenis Barang Tambang Yang Ada Di Indonesia:

  1. Harga Minyak Fluktuatif, Triwulan III Laba Petrosea Naik 16%
  2. Dunia Tambang Mengajak Pekerja Muda! BERANI?
  3. Produksi Batubara Indonesia Masih Aman hingga Tahun 2100

1. Minyak Bumi

Di Indonesia, minyak bumi terdapat di pulau Sumatera yaitu Aceh, Riau, dan Muara Enim. Di pulau Jawa yaitu di Wonokromo (Surabaya), Cepu (Cilacap), dan Majalengka (Jatibarang). Di Kalimantan, minyak bumi terdapat di Tarakan, Amuntai dan sungai Mahakam. Begitu juga di kepulauan Maluku dan Papua.

2. Batu Bara

Di Indonesia, kandungan cadangan batu bara terbesar berada di Kalimantan Timur dan Selatan, juga di Sumatra Selatan. Menurut sumber data oleh BP Statistical Review of World Energy, pada tahun 2016 Indonesia merupakan negera penghasil batu baru terbesar ke-5 di dunia.

3. Timah

Indonesia mempunyai cadangan timah terbesar nomor 4 di dunia setelah Cina, Malaysia, dan Peru. Selain mempunya cadangan timah terbesar, Indonesia juga merupakan negara terbesar kedua pengekspor timah. Kepulaun Bangka dan Belitung merupakan daerah penghasil timah terbesar di Indonesia. Sekitar 90 persen timah yang dihasilkan oleh Indonesia berasal dari Kepulaun Bangka dan Belitung.

4. Bijih Besi

Tambang bijih besi di Indonesia banyak terdapat di daerah Cilacap, Lampung, dan Pulau-pulau kecil sekitar Kalimantan seperti Derawan, dan Sebuku. Pengolahan biji besi di Indonesia dilakukan oleh PT Krakatau Steel yang terletak di Cilegon.

5. Emas

Di provinsi Papua, dekat dengan Puncak Jaya gunung Jayawijaya, terdapat sebuah area penambangan yang bernama Tambang Grasberg. Tambang ini merupakan tambang emas terbesar di dunia.