Jaring Pengaman Sosial Energi Diperlukan

Jaring Pengaman Sosial Energi Diperlukan

Jaring-Pengaman-Sosial-Energi-Diperlukan
Jaring Pengaman Sosial Energi Diperlukan

Kementerian ESDM diminta untuk membuat energy safety net sebagai jaring pengaman sosial masyarakat yang rentan di tengah virus corona.

Direktur Eksekutif Institute for Essential Services Reform (IESR) Fabby Tumiwa mengatakan langkah pemerintah memberikan bantuan dalam bentuk penggratisan listrik untuk pelangggan PLN berdaya 450 VA dan 900 VA.

Langkah ini sudah tepat untuk mengatasi penurunan daya beli dan pendapatan rumah tangga miskin serta memastikan akses energi kelompok masyarakat ini terjaga.

Namun demikian, menurutnya, ada potensi bantuan yang tak tepat sasaran. Hal ini disebabkan tidak semua pelanggan PLN yang mendapatkan bantuan semuanya terkena dampak ekonomi dari Virus Corona (Covid-19).

Selain itu, bantuan subsidi listrik yang sudah diberikan sangat mungkin belum mencakup kelompok masyarakat rentan yang terkena dampak langsung dari pandemi virus corona. Masyarakat rentan miskin seharusnya juga mendapat keringanan tarif listrik.

“Ini yang sebagai kelompok masyarakat rentan (vulnerable group) yaitu masyarakat yang bekerja di sektor informal yang penghasilannya berkurang drastis tetapi bukan pelanggan 450 VA dan 900 VA,” ujarnya dalam Video Conference, Selasa (14/4/2020).

Kelompok masyarakat tersebut harus tetap memenuhi kebutuhannya sehari-hari. Apalagi dengan adanya pandemi, kebutuhan konsumsi listrik meningkat.

Namun, golongan masyarakat tersebut tidak mendapatkan diskon tarif listrik.

Menurutnya, kelompok masyarakat rentan mungkin tidak masuk dalam kategori orang miskin dalam data base pemerintah.

Baca Juga: Harga Minyak Masih Anjlok, Arab Saudi Berhutang

Ini juga termasuk kelompok pelanggan bisnis kecill/mikro (UMKM) yang terdampak karena melambatkan aktivitas ekonomi.

Oleh karena itu, dia mengusulkan solusinya dalam jangka pendek adalah pemerintah perlu cepat mengindentifikasi kelompok masyarakat rentan ini dan menyiapkan instrumen pendukung lain selain subsidi listrik yang bisa dipakai untuk memenuhi kebutuhan listrik atau energi pada saat krisis seperti ini.