Isu Isu Strategis Nasional Sektor Pertambangan dan Mineral

Pelaku usaha pertambangan saat ini harus menimbang lingkungan bisnis yang lain seperti risiko politik pada level regional-lokal, ketersediaan tenaga kerja terampil, logistik, dan jasa keuangan untuk memutuskan investasi.

Ini penting karena industri pertambangan yang sifatnya ekstraktif harus menghadapi dinamika yang bukan hanya skala nasional tetapi juga regional pada level provinsi dan lokal pada level kabupaten hingga desa.

Calon pelaku usaha pengolahan dan pemurnian misalnya harus menimbang akses lahan dan jaminan pasokan bahan baku yang cukup dan berkelanjutan. Dalam banyak kasus misalnya di Sulawesi deposit mineral terbagi dalam konsesi-konsesi yang relatif kecil. Untuk itu, calon pengembang smelter perlu mengkonsolidasikan beberapa izin usaha pertambangan untuk memberikan jaminan suplai, yang kadang hal ini tidak mudah dilakukan.

Baca juga artikel terkait Isu Isu Strategis Nasional Sektor Pertambangan dan Mineral: Mimika Kabupaten Penerima Dana Bagi Hasil Pertambangan Terbesar

Isu Strategis Nasional

Dalam skala regional, isu sosial ekonomi dipastikan akan menjadi perbincangan lebih serius, sekali lagi terutama terkait distribusi kesejahteraan dan manfaat sektor ini pada semua level. Di Sulawesi Tengah misalnya yang akan mengadakan pemilihan gubernur pada 2020, isu sosial-ekonomi dipastikan akan menjadi materi, bahkan yang bisa menggerakkan pemilih untuk menentukan pilihan.

Pertama, karena industri pertambangan dan mineral merupakan sektor padat modal yang dianggap berpotensi membangkitkan kapital dalam waktu cepat sehingga akan menjadi ladang perebutan konsesi sebagai modal pertarungan politik pada kandidat. Kedua, karena kawasan-kawasan di sekitar industri pertambangan dan mineral juga merupakan sentra pemukiman, mereka yang merupakan pemilih untuk kontestasi pilgub.

Dalam kaitan ini, isu-isu kesejahteraan buruh sangat rawan menjadi bahan tawar-menawar para politisi lokal dalam memperebutkan pengaruh dan suara pemilih. Pada titik ini, pelaku usaha harus mampu mengantisipasi situasi.