Investor Tiongkok Kunjungi Papua Barat

Pada Sabtu (01/11/2019) Gubernur Dominggus Mandacan menerima sejumlah investor tiongkok yang menggunakan jet pribadi terbang langsung dari Negerinya ke Manokwari Papua Barat.

Investor Tiongkok
Sudut Energi – Investor Tiongkok

Filiep Wamafma, Senator asal Papua Barat mengingatkan Gubernur Dominggus Mandacan terkait ruang investasi yang dibuka terutama bagi Investor asas Negeri Tiongkok. Pada prinsipnya Investasi itu penting dalam rangka meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kesejahtraan masyarakat walaupun demikian perlu kita belajar dari pengalaman investasi di Papua masa lalu dan masa sekarang seperti Freeport, BP LNG Tangguh dan kasus-kasus HPH di tanah Papua.

Baca juga:

  1. Harga Batubara Naik Ke US $66/Ton
  2. Harga Batubara Acuan November Menguat Jadi US $66,27 Per Ton
  3. Alasan China Berinvestasi Tambang Batu Bara Indonesia
  4. Mind ID, Nama Baru Holding BUMN Tambang

Yang menjadi persoalan dan pertanyaan adalah Apakah Masyarakat Adat sudah sejahtra, kemudian Apakah Orang Papua dalam investasi tersebut telah sebagai Subjek utama, kalau belum maka Pemerintah perlu menyiapkan perangkat Hukum yang kuat agar menghindari hal-hal yag tidak di inginkan misalnya tentang rekrut tenaga kerja, ekonomi kerakyatan, penghargaan terhadap hak-hak masyarakat dan banyak hal yang pelu di pikirkan terlebih dahulu.

Hal lain yang perlu di pikirkan dan renungkan adalah Sumber daya Alam saat ini tidak hanya utuk generasi kita saat ini yang menikmati tetapi untuk anak cucu dimasa yang akan datang.