Inovasi Energi dari Bayangan

Inovasi Energi dari Bayangan

Inovasi-Energi-dari-Bayangan
Inovasi Energi dari Bayangan

Sebuah inovasi keren berhasil diciptkan oleh negara sebelah ini sob.

Menurut penelitian terbaru, ilmuwan Singapura sedang mengembangkan energi listrik dari bayangan. Bagaimana tu yaa kira-kira?

Melansir dari World of Buzz, kelompok ilmuwan yang berasal dari National University of Singapura saat ini tengah dalam tahap pengembangan sebuah alat yang bisa mengkonversi bayangan menjadi energi.

Dinamai Shadow-Effect Generator (SEG), prinsip kerja dari alat ini seperti pembangkit listrik tenaga surya, tapi dengan memanfaatkan bayangan.

Pemimpin tim peneliti NUS, Dr. Swee Ching Tan mengaku, SEG nantinya akan sangat berguna pada tempat-tempat yang selama ini terhalang atau susah mendapat paparan sinar matahari.

“Alat ini sangatlah berguna. Generator ini bisa ditempatkan di area yang terhalang cahaya,” ujar Tan menjelaskan soal alat ciptaannya.

Lebih lanjut, Tan mengatakan bahwa lingkungan yang ideal untuk pemasangan alat ini adalah kota-kota dengan gedung pencakar langit tinggi karena intensitas cahayanya terus mengalami perubahan sepanjang hari.

“Perangkat ini berguna di tempat-tempat seperti kota-kota berpenduduk sangat padat dengan gedung pencakar langit ada di mana-mana,” terangnya menambahkan.

Baca Juga: Limbah Tambang Bisa Diolah Jadi Bahan Baku Industri

Meski masih dalam tahap awal, penelitian ini nampaknya akan berjalan dengan sukses sehingga bayangan pun nantinya bisa dimanfaatkan sebagai sumber energi. 

Widih, keren ya sob! Kayak jurus aja, dari bayangan. Gimana nih para ilmuwan yang ada di Indonesia, jangan mau kalah ya buat bikin inovasi-inovasi keren serupa.