Inilah Rancangan PP Minerba Terbaru

Inilah Rancangan PP Minerba Terbaru

Inilah Rancangan PP Minerba Terbaru
Inilah Rancangan PP Minerba Terbaru

 

Pada saat ini, Pemerintah tengah menyusun tiga Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) baru.

Antara lain RPP tentang pelaksanaan kegiatan usaha pertambangan mineral dan batu bara.

RPP tentang wilayah pertambangan dan RPP tentang pembinaan dan pengawasan serta reklamasi pascatambang dalam penyelenggaraan pengelolaan usaha pertambangan.

Pemerintah kini tengah merancang Peraturan Pemerintah sebagai turunan pelaksana dari Undang-Undang No. 3 tahun 2020 tentang Mineral dan Batu Bara yang baru diundangkan pada 10 Juni 2020.

RPP tentang Pelaksanaan Kegiatan Usaha Pertambangan Mineral dan Batu Bara, terdapat 202 pasal dalam RPP ini dan ditargetkan bisa ditetapkan pada September 2020.

Rancangan PP ini pun mengatur mulai dari ditetapkannya jenis-jenis komoditas tambang mulai dari mineral radioaktif, seperti uranium, torium, dan lainnya.

Mineral logam, mineral bukan logam, mineral bukan logam jenis tertentu, komoditas batuan dan batu bara.

Lalu diatur juga tentang rencana pengelolaan mineral dan batu bara nasional yang ditetapkan menteri untuk jangka waktu lima tahun dan dapat ditinjau kembali satu kali dalam lima tahun tersebut.

Dalam RPP ini pun disebutkan bahwa “pemegang IUP dilarang memindahtangankan IUP kepada pihak lain tanpa persetujuan dari Menteri”.

Persetujuan dapat diberikan selama memenuhi sejumlah persyaratan. Artinya, apakah pengalihan IUP bisa diizinkan?

Pemegang IUP BUMN pun dapat mengalihkan kepemilikan sahamnya kepada badan usaha lain dengan syarat BUMN tersebut masih menguasai 51% atau lebih saham di IUP tersebut.

Dalam RPP ini juga diatur tentang tata cara pemberian izin usaha pertambangan, termasuk bagaimana mekanisme perpanjangan izin.

Baca Juga: Teknologi Peuyeum Pengubah Batu Bara Nabati

Berapa lama jangka waktu eksplorasi dan produksi pun diatur. Untuk pemegang IUP, jangka waktu eksplorasi dan operasi produksi setiap jenis komoditas dibedakan.