Ini Penjelasan Pertamina Terkait Impor BBM Naik!

Must read

Pertamina (Persero) yang menaikan harga impor bahan bakar minyak (BBM) dalam negeri pada Maret 2021 lalu menyatakan alasan keputusan tersebut karena adanya peningkatan konsumsi bahan bakar minyak di dalam negeri.

Dalam keterangan resminya, Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati mengonfirmasi, pada periode Maret telah terjadi peningkatan konsumsi bahan bakar minyak di dalam negeri dibandingkan dengan realisasi pada Februari.

“Secara volume, impor BBM Pertamina Maret 2021 turun dibandingkan dengan Maret 2020, tapi harga pada 2021 jauh lebih tinggi. Maret 2021 dibandingkan dengan Februari 2021 ada kenaikan konsumsi BBM sekitar 17 persen-18 persen,” ungkapnya.

Mendukung penjelasan tersebut, Direktur Eksekutif Reforminer Institute Komaidi Notonegoro menyatakan, meningkatnya impor pada Maret lebih disebabkan faktor konsumsi yang berangsur pulih seiring dengan kembalinya aktivitas masyarakat.

Ia menambahkan, kegiatan vaksinasi pada awal tahun turut menjadi faktor yang meningkatkan pergerakan masyarakat. Sementara itu, untuk kenaikan nilai impor BBM pada Maret disebabkan oleh harga crude dan produk yang meningkat dibandingkan dengan periode sebelumnya. 

Baca Juga : Emiten Logam Bakal Panen Cuan Berkat Nikel Menguat

“Saya kira faktor utamanya konsumsi BBM yang mulai pulih. Sejak akhir Februari aktivitas Masyarakat mulai menuju ke normal sejalan dengan pelaksanaan vaksinasi,” terangnya pada Senin (19/4/2021).

Di sisi yang berbeda, Direktur Executive Energy Watch Mamit Setiawan menilai, kenaikan impor BBM pada Maret terjadi karena pemerintah ingin mengamankan stok dan mengantisipasi momen Ramadan dan Hari Raya Idulfitri nanti. 

Lebih lanjut, Mamit menjelaskan, penggunaan BBM di dalam negeri masih belum pada tren meningkat apabila mengacu pada data penjualan Pertamina yang masih menunjukkan penurunan. 

“Mungkin Pertamina membeli lebih banyak di bulan Maret sebagai antisipasi puasa dan lebaran. Karena kalau bicara pertumbuhan konsumsi juga masih minus,” pungkas Mamit.

Menurut Pendapat Kamu ?

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest article