Ini Nih Pemicu Utama Harga Batu Bara Terus Meroket!

Must read

Harga batu bara yang terus menguat dalam tiga hari terakhir ini dipicu oleh sejumlah faktor, salah satunya karena ketatnya pasokan si batu legam di China. Apalagi menjelang musim penghujan,  risiko semakin tipisnya stok di tengah kenaikan permintaan membuat harga batu bara lokal meroket.

Selain itu, adanya kebijakan relaksasi impor yang terus dilakukan juga meningkatkan permintaan impor batu bara sehingga turut mengerek naik harga batu bara lainnya.

Pada perdagangan kemarin, Selasa (25/5/2021) harga kontrak futures (berjangka) batu bara termal ICE Newcastle ditutup naik 1% ke US$ 112,25/ton. Ini merupakan rekor tertinggi baru harga batu bara sepanjang 2021.

Baru-baru ini Badan Keamanan Tambang China telah mengeluarkan langkah pencegahan banjir dengan memberikan peringatan bahwa akan adanya topan. Diperkirakan jika curah hujan di Cina utara mungkin sangat tinggi, meskipun sebagian China selatan dan timur kemungkinan juga mengalami banjir yang serius.

Sebagian besar tambang batu bara China memang berada di provinsi utara. Pemerintah mengutip insiden banjir baru-baru ini di tambang batu bara di Xinjiang dan Shanxi sebagai pengingat bagi sektor tersebut.

Dijelaskan juga bahwa cuaca badai diramal akan menyebabkan pemadaman listrik di tambang batu bara, yang mengakibatkan kecelakaan dalam beberapa tahun terakhir.

Pemerintah mengatakan, tambang batu bara akan mengirim sinyal peringatan ke tambang tetangga segera setelah bahaya terkait cuaca ditemukan, sehingga pekerja dapat mengungsi tepat waktu.  Keadaan diperkirakan dapat mengakibatkan gangguan yang lebih sering terhadap produksi batu bara sebagaimana yang diberitakan oleh media setempat.

Baca Juga : Dear Pengusaha! Royalti Batu Bara Diprediksi Naik Nih

Di samping itu, kondisi ini akan semakin membuat produksi batu bara China terganggu. Hal ini tentu saja menjadi risiko ke atas untuk harga batu bara baik China maupun batu bara negara lain yang menyuplai ke China. 

Menurut Pendapat Kamu ?

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest article