Industri Berkembang, Energi Baru Terbarukan Kian Diminati

Pengembangan industri Energi Baru Terbarukan (EBT) kian diminati di kalangan masyarakat terlebih bagi generasi milenial.

Industri-Berkembang-Energi-Baru-Terbarukan-Kian-Diminati
Industri Berkembang, Energi Baru Terbarukan Kian Diminati

Respon pasar yang positif terlihat dari mulai bermunculannya berbagai usaha rintisan atau startup yang bergerak di sektor tersebut, dari skala rumahan hingga pabrikan.

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama (KLIK) Kementerian ESDM Agung Pribadi mengatakan, melimpahnya potensi EBT menjadi salah satu faktor pemicu bagi para pelaku usaha dalam mengembangkan startup energi.

“Utilisasi EBT baru sebesar 2,1% dari potensi EBT sekitar 400 Giga Watt (GW),” kata Agung di Jakarta, Minggu (8/3).
Salah satu potensi bisnis yang menjanjikan adalah energi surya.

Menurut Agung, dengan potensi 207 GW, perkembangan permintaan energi surya meningkat pesat. Baik di kota-kota besar untuk kebutuhan atap surya, hingga ke daerah frontier untuk Solar Home System (SHS).

Baca Juga: Bisnis Energi Terbarukan Mulai Dilirik Startup

“Industrinya banyak berkembang di kawasan industri seperti Bekasi, Tangerang, juga daerah Surabaya dan sekitarnya,” pungkas Agung.

Potensi bisnis solar PV yang besar juga dirasakan Direktur Utama PT Gerbang Multindo Nusantara Chayun Budiono. Memulai usaha panel surya di 1994, ia menilai sumber-sumber EBT lokal menyimpan potensi bisnis yang luar biasa.