Indra Keenam Penemu Cadangan Emas

Indra Keenam Penemu Cadangan Emas

Indra Keenam Penemu Cadangan Emas
Indra Keenam Penemu Cadangan Emas

Harga emas yang sedang berada dalam posisi tinggi, mendorong banyak pihak untuk terus menggelorakan eksplorasi mencari cadangan emas baru.

Nilai jual emas sebagai salah satu logam mulia yang memiliki nilai jual dan penggunaan yang tinggi. Inilah yang menjadi alasan permintaan yang terus meningkat terhadap emas. 

Selain menjadi alat untuk investasi dan perhiasan, ternyata permintaan emas datang dari kalang industri sebab digunakan untuk bahan konduktor dalam smartphone, sirkuit untuk kendaraan luar angkasa, alat makan dan minum pada restoran kelas atas, bahkan di dunia kedokteran digunakan untuk penambal gigi.

Tidak heran kalau James Blakeley mengatakan “Emas itu abadi, indah, berguna, dan tidak memudar. Tidak heran emas begitu dihargai di atas segalanya”.

Indonesia sebagai negara yang dikenal kaya akan sumberdaya alam, juga tidak ikut ketinggalan dalam hal kekayaan cadangan emasnya.

Menurut Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral tahun 2019. Cadangan emas di Indonesia mencapai 3,5 miliar ton, dan sumberdayanya mencapai 4600 ton.

Tetapi, data tersebut masih saja dapat melonjak karena masih banyak kegiatan eksplorasi yang dapat dilakukan.

Deposit emas umumnya berada pada kedalaman lebih dari 25 m di bawah permukaan. Tergantung dari tipe pengendapan deposit emas itu sendiri.

Indra perasa, peraba, pengecap, pendengaran, dan penciuman tentu sulit untuk mendeteksi keberadaan deposit emas di bawah permukaan.