Indonesia Power Resmikan PLTS Atap

Pengembangan teknologi PLTS Bali Power Gen Unit ini diinisiasi oleh PT. Indo Tenaga Hijau, salah satu anak perusahaan Indonesia Power.

“Pengembangan PLTS Atap di Bali Power Generation unit sudah dilakukan sejak pertengahan 2019 silam, ” ujar Dirut Indonesia Power M Ahsin Sidiqi dalam sambutan Peresmian PLTS Atap Bali Power Generation Unit di Denpasar, Bali, Senin (24/2). 

Indonesia-Power-Resmikan-PLTS-Atap
Indonesia Power Resmikan PLTS Atap

PT PLN (Persero) melalui anak usahanya, Indonesia Power (IP), meresmikan beroperasinya Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap di Kompleks Perkantoran Bali Power Generation Unit, dengan total daya 226 kWp (Kilo Watt Peak). Pengoperasian PLTS Atap ini sebagai bentuk dukungan terhadap penggunaan energi ramah lingkungan di Bali.

Acara tersebut dihadiri oleh Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konversi Energi (Dirjen EBTKE) Kementerian ESDM  FX Sutijastoto, Gubernur Bali Wayan Koster, Dan Direktur Utama Indonesia Power M Ahsin Sidqi. 

Ia menuturkan, PLTS Atap ini memanfaatkan modul PV dari Canadian Solar. “Teknologi ini menjadi salah satu metode untuk menurunkan emisi yang dihasilkan oleh unit pembangkit,” ujarnya. 

Baca Juga : Meneropong Saham Tambang Batu Bara 2020

PLTS Atap Bali Power Generation Unit terpasang di dua titik. Masing-masing berdaya 136 kWp di PLTDG (Pembangkit Listrik Tenaga Diesel dan Gas) Pesanggaran dan 90 kWp di PLTG Pemaron. Pengoperasian PLTS Stop ini diperkirakan akan mampu memangkas nilai emisi hingga 39T CO2.

“Pengembangan dan pemasangan PLTS ini menjadi wujud nyata komitmen perusahaan dalam mendukung Kota Bali sebagai salah salah satu daerah terdepan dalam hal upaya pengembangan energi bersih, yang tercermin dalam Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 45 Tahun 2019 tentang Energi Bersih, ” paparnya.