Indonesia Bangun Pabrik Baterai Mobil Listrik di Karawang

0
11
Indonesia Bangun Pabrik Baterai Mobil Listrik di Karawang
Indonesia Bangun Pabrik Baterai Mobil Listrik di Karawang

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo mengatakan Indonesia menjadi negara pertama di Asia Tenggara yang telah membangun pabrik baterai kendaraan listrik di Karawang, Jawa Barat dengan nilai investasi US$1,1 miliar atau setara Rp15 triliun. 

Indonesia Bangun Pabrik Baterai Mobil Listrik di Karawang
Indonesia Bangun Pabrik Baterai Mobil Listrik di Karawang

Bagi Jokowi, pembangunan pabrik baterai kendaraan listrik merupakan wujud keseriusan pemerintah untuk melakukan hilirisasi industri.

“Kita patut bersyukur hari ini bisa menyaksikan ground breaking pembangunan pabrik baterai kendaraan listrik pertama di Indonesia dan bahkan yang pertama di Asia Tenggara dengan nilai investasi sebesar 1,1 miliar dolar Amerika,” ujar Presiden Jokowi pada 15 September 2015. 

“Pembangunan pabrik ini merupakan wujud keseriusan pemerintah untuk melakukan hilirisasi industri.” tambahnya. 

Presiden Jokowi menuturkan, era kejayaan komoditas bahan mentah sudah berakhir saat ini.

Indonesia harus berani mengubah struktur ekonomi yang selama ini berbasis komoditas ke hilirisasi dan industrialisasi untuk menjadi negara industri yang kuat berbasis pada pengembangan inovasi teknologi.

Dalam pernyataannya, Jokowi menuturkan Indonesia memiliki cadangan nikel terbesar di dunia.

Dengan potensi yang luar biasa tersebut, Presiden Jokowi yakin dalam 3 sampai 4 tahun ke depan melalui manajemen pengelolaan yang baik Indonesia akan bisa menjadi produsen utama produk-produk barang jadi berbasis nikel.

“Seperti baterai lithium, baterai listrik, baterai kendaraan listrik, hilirisasi akan meningkatkan nilai tambah biji nikel secara signifikan,” ujar Presiden Jokowi.

Jokowi lebih lanjut menyampaikan, pemerintah Indonesia berkomitmen penuh untuk memberikan dukungan dan pengembangan ekosistem industri baterai dan kendaraan listrik.

Baca Juga : Hilirisasi Nikel Indonesia Bikin Tesla Bingung!

Pemerintah, katanya, juga akan menggulirkan reformasi struktural untuk memberikan kepastian hukum dan kemudahan perizinan kepada para investor untuk mengembangkan usahanya di Indonesia.

“Pemerintah juga terbuka atas berbagai inisiatif kerja sama dengan negara-negara sahabat. Saya berharap kolaborasi antara perusahaan Korea Selatan dengan perusahaan Indonesia ini semakin diperkuat termasuk realisasi kerjasama investasi dalam industri baterai dan kendaraan listrik,” ucapnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here