Indonesia Akan Kuasai Tambang Nikel Raksasa

Setelah berhasil akuisisi tambang emas PT Freeport Indonesia, Indonesia Akan Kuasai Tambang Nikel Raksasa, melalui BUMN pertambangan MIND ID (dulu Inalum) bakal akuisisi 20% saham tambang nikel PT Vale Indonesia (INCO). Pemerintah secara resmi menunjuk MIND ID untuk mengakuisisi 20 persen saham PT Vale Indonesia Tbk (INCO).

Raksasa Tambang
Sudutenergi.com – Raksasa Tambang

Nikel adalah unsur kimia metalik dalam tabel periodik yang memiliki simbol Ni dan nomor atom 28. Nikel mempunyai sifat tahan karat. Dalam keadaan murni, nikel bersifat lembek, tetapi jika dipadukan dengan besi, krom, dan logam lainnya, dapat membentuk baja tahan karat yang keras.

Divestasi sebesar 20 persen merupakan salah satu kewajiban yang tertuang dalam Kontrak Karya (KK). Menurut Peraturan Pemerintah No. 7/2014, Vale harus mendivestasikan 40 persen sahamnya. Sebelumnya, divestasi saham Vale sebesar 20% sudah dilakukan. Kini sisanya 20% akan didivestasikan ke pemerintah Indonesia.

Baca juga artikel terkait Indonesia Akan Kuasai Tambang Nikel Raksasa : Pemerintah Resmi Setop Ekspor Bijih Nikel

Direktur Jenderal Mineral dan Batubara, Bambang Gatot Ariyono mengatakan penunjukkan ini ditandai dengan surat yang dilayangkan ke Kementrian Keuangan oleh Kementerian ESDM.

Bambang tidak merinci terkait berapa valuasi dan seperti apa mekanismenya. Menurutnya ini menjadi urusan mereka karena sistemnya bussines to bussines. “Vale udah Inalum ditunjuk udah selesai,” imbuhnya. Untuk saat ini nilai kapitalisasi pasar PT Vale Indonesia Tbk. kurang lebih di kisaran US $2 miliar dolar. Untuk berapa harga yang harus dibayarkan masih dikaji oleh pihak tim tiga kementerian.