Indika Energy Siap Buyback

Indika Energy Siap Buyback

Indika-Energy-Siap-Buyback
Indika Energy Siap Buyback

Induk usaha perusahaan batu bara Kideco Jaya Agung dan Petrosea yakni PT. Indika Energy Tbk (INDY), berencana melakukan pembelian kembali (buyback) saham perseroan di pasar sekunder di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Manajemen perseroan, dalam keterbukaan informasi di BEI, Rabu (8/4/2020) mengungkapkan pembelian kembali saham INDY akan dilaksanakan dalam periode 3 bulan yakni 9 April 2020 sampai dengan 8 Juli 2020.

Pembelian kembali atas saham akan dilakukan oleh perseroan, dengan jumlah sebanyak-banyaknya US$ 20 juta. Jumlah ini setara dengan Rp 300 miliar dengan asumsi nilai tukar dolar Amerika Serikat ke rupiah adalah Rp 15.000/US$.

Berdasarkan data perseroan, harga saham INDY tercatat turun antara 1 Januari 2020 hingga 7 April 2020 sebesar 36,8%, yaitu dari Rp. 1.195/saham menjadi Rp. 755/saham.

Baca Juga: Batu Bara Suram, Dua Emiten Tambang Ini Bisa Jadi Pilihan

“Penurunan signifikan harga saham perseroan tidak mencerminkan kinerja positif perseroan, sehingga INDY bermaksud untuk menunjukkan komitmen dalam rangka meningkatkan nilai pemegang saham dengan mengembalikan kelebihan arus kas bebas (excess free cash flow) kepada para pemegang sahamnya melalui buyback,” tulis manajemen INDY.

Mengacu data BEI, pada perdagangan Rabu, saham INDY ditutup minus 1,99% di level Rp. 740/saham dan year to date juga ambles 38%.