India Tertarik Teknologi Gasifikasi Batu Bara Indonesia

India Tertarik Teknologi Gasifikasi Batu Bara Indonesia

India Tertarik Teknologi Gasifikasi Batu Bara Indonesia
India Tertarik Teknologi Gasifikasi Batu Bara Indonesia

India bukan hanya mitra perdagangan batu bara Indonesia.

Lebih jauh dari itu Indonesia dan India bekerja sama menciptakan teknologi mutakhir pengelolaan batu bara. 

Indonesia belakangan ini berhasil menciptakan teknologi Gasifikasi Batubara Bawah Permukaan atau Underground Coal Gasification (UCG).

Teknologi tersebut dikembangkan oleh Badan Layanan Umum (BLU) Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Mineral dan Batubara (Puslitbang Tekmira) Kementerian ESDM.

Keberhasilan pengembangan teknologi gasifikasi batu bara tersebut berhasil membuat sejumlah pihak tertarik.

Salah ketertarikan terhadap teknologi teranyar batu bara itu datang dari Kementerian Batubara India.

“Peeyush Kumar selaku Direktur Teknologi Kementerian Batubara India meminta Tekmira untuk berkolaborasi dengan melakukan supervisi pengembangan serta uji coba UCG di dua lokasi di daerah West Bengal dan Rahigajt,” demikian seperti dikutip akun resmi Instagram @blu.tekmira.

Menurut Peneliti Puslitbang Tekmira Miftahul Huda implementasi teknologi UCG diharapkan akan berkontribusi dalam menambah ketersediaan energi, konservasi sumberdaya alam dan pengurangan biaya energi.

“Teknologi ini dinilai cocok untuk diterapkan di Indonesia maupun India. Apalagi kedua negara tersebut mempunyai kesamaan dalam proporsi cadangan energi fosil yaitu mempunyai cadangan batubara jauh lebih besar dibandingkan cadangan minyak dan gas,” terangnya.

Guna menindaklanjuti kerja sama ini, Tekmira akan melakukan evaluasi dan membuat tahapan pengembangan UCG setelah Kementerian Batubara India mengirimkan data-data geologi terkait rencana lokasi UCG tersebut.

Ia menuturkan metode teknologi UCG sendiri dengan melakukan proses gasifikasi di bawah tanah melalui dua buah sumur bor.

Baca Juga: Jambi Raih Penghargaan Pertambangan

Satu sumur berfungsi sebagai media untuk injeksi udara/oksigen dan yang satu lagi berfungsi sebagai sumur produksi.