IMEF Beri Saran Pemerintah Soal DKC dan Eksplorasi

IMEF Beri Saran Pemerintah Soal DKC dan Eksplorasi

IMEF Beri Saran Pemerintah Soal DKC dan Eksplorasi
IMEF Beri Saran Pemerintah Soal DKC dan Eksplorasi

Berdasarkan UU Minerba yang baru saja disahkan, para pengusaha batu bara dikenakan kewajiban menyiapkan dana cadangan guna eksplorasi sumber daya tambang. 

Secara positif pelaku dunia tambang mengapresiasi langkah kinerja pemerintah tersebut sebagai upaya mencari cadangan tambang baru.

Indonesia Mining and Energy Forum (IMEF) menanggapi langgah strategis tersebut dengan perlunya sejumlah ketentuan yang juga harus diatur diperhatikan oleh pemerintah dengan jelas.

Menurut IMEF kegiatan eksplorasi lanjutan, juga harus berdasarkan pada nilai-nilai kalkulasi bisnis. Terlepas dari adanya kepentingan dalam hal konservasi sumber daya alam terhadap negara.

Oleh karena itu, selama ini kegiatan eksplorasi lanjutan yang dilakukan perusahaan tambang tergolong masih kecil.

Bahkan, trennya menunjukkan grafik yang terus mengalami penurunan dalam periode 10 tahun terakhir belakangan.

Dengan demikian, IMEF menilai jika kegiatan eksplorasi pada industri pertambangan ini pun tidak bisa disamaratakan antara komoditas satu dengan komoditas lainnya.

Setidaknya harus ada nilai dan porsi yang berbeda pada besaran Dana Ketahanan Cadangan yang diwajibkan tersebut.

IMEF pun meminta kepada pemerintah untuk terlebih dahulu memahami dengan jalan melakukan pemetaan dan melakukan pertimbangan terintegrasi atas sejumlah faktor yang mempengaruhi.

Antara lain yakni, sumber daya, jumlah cadangan, jumlah permintaan, pemanfaatannya, serta kesiapan dari segi infrastrukturnya.

Bagi IMEF, kegiatan eksplorasi lanjutan ini tidak hanya sekedar mengetahui serta memperbesar potensi sumber daya saja.

Akan tetapi juga harus memperhatikan hingga aspek mendetail sampai dengan level perhitungan tata niaga dan pengelolaan.

Dari sini bisa diketahui secara gamblang bahwa perencanaan Dana Ketahanan Cadangan untuk komoditas mineral akan memiliki perbedaan dengan pertambangan batubara.

Baca Juga: Perusahaan Migas Dunia Bertransisi ke Energi Hijau

Oleh karena itu pihak IMEF menyarankan adanya kalkulasi DKC yang berbeda pula bagi perusahaan yang sudah memiliki dana cadangan yang melebihi rencana produksi selama masa konsesi.

Sebelumnya diketahui bahwa pemerintah berencana menggenjot iklim investasi serta aktivitas eksplorasi pertambangan.

Salah satu strateginya adalah dengan mewajibkan para pelaku usaha pertambangan untuk mampu menyediakan Dana Ketahanan Cadangan minerba, yang besarannya ditetapkan setiap tahun melalui RKAB.