IHSG Diramal Naik Usai Libur Natal, Saham Tambang Direkomendasikan.

Beberapa analis memprediksi indeks harga saham gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini. Kamis (26/12), naik seiring dengan pasar yang masih melakukan window dressing jelang tutup tahun. Window dressing ini seperti yang terjadi sejak perdagangan pada Jumat (13/12). Hingga Senin (23/12) dimana IHSG dalam rentang waktu tersebut naik hingga 2,7%. Saham-saham sektor tambang direkomendasikan lantaran pada perdagangan terakhir indeks sektor pertambangan meroket hingga 3,1%.

Beberapa saham tambang yang bisa dikoleksi hari ini yaitu Indo Tambangraya Megah Tbk (ITMG), Adaro Energy Tbk (ADRO), Perusahaan Perkebunan London Sumatra Indonesia Tbk (LSIP), dan Medco Energi Internasional Tbk (MEDC).IHSG bisa naik meskipun risiko dari sentimen global masih membayangi. 

Baca Juga : Saham Tambang Diburu Jelang Libur Natal, Bagaimana Besok?

Menurut analisis teknikalnya, pada perdagangan hari ini, IHSG akan bergerak dengan area resistance di level 6.341 hingga 6.324, sedangkan area support di level 6.280 hingga 6.253. Beberapa saham yang dia rekomendasikan kepada investor pada perdagangan hari ini di antaranya Indo Tambangraya Megah Tbk (ITMG), H.M. Sampoerna Tbk (HMSP), dan Adaro Energy Tbk (ADRO). Diprediksi IHSG hari ini naik berdasarkan analisa secara teknikal. Ada potensi bullish continuation pada pergerakan IHSG sehingga berpeluang menuju ke resistance terdekat.

Area resistance

Area resistance yang dimaksud berada pada rentang 6.348,31 hingga 6.404,58. Sementara itu, IHSG masih berpotensi menuju ke area support  di rentang 6.239,00 hingga 6.210,78. Adapun sejumlah saham yang dapat menjadi pertimbangan investor di antaranya Elnusa Tbk (ELSA), Lippo Cikarang Tbk (LPCK), Malindo Feedmill Tbk (MAIN), Summarecon Agung Tbk (SMRA), United Tractors Tbk (UNTR), dan Waskita Beton Precast Tbk (WSBP). Sebaliknya, ada prediksi pascalibur Natal IHSG bergerak turun. Diperkirakan IHSG berpotensi melemah (turun) dengan area support dan resistance di level 6.200-6.315.

Pelaku pasar pada perdagangan hari ini akan memperhatikan data pada tingkat pengangguran di Amerika Serikat (AS) dan penjualan ritel di Jepang. Dari dalam negeri, data pertumbuhan pinjaman yang diperkirakan melambat ke level 6,2%.

Saham-saham yang masih dapat dicermati secara teknikal untuk perdagangan hari ini di antaranya Perusahaan Perkebunan London Sumatra Indonesia Tbk (LSIP), Malindo Feedmill Tbk (MAIN), Ultrajaya Milk Industry Tbk (ULTJ), bank Permata Tbk (BNLI), Adaro Energy Tbk (ADRO), dan Medco Energi Internasional Tbk (MEDC).

Sumber : Kata Data