Harus Tahu! Perbedaan Karat dan Kadar Emas

Harus Tahu! Perbedaan Karat dan Kadar Emas

Harus-Tahu-Perbedaan-Karat-dan-Kadar-Emas
Harus Tahu! Perbedaan Karat dan Kadar Emas

Ibu-ibu yang mulai melirik investasi logam mulia ini harus banget nih simah tulisan ini

Mengenal bahwa ada beberapa perbedaan emas yang dijual di toko emas biasa dengan emas dari Antam.

Apa saja sih kira-kira perbedaannya?

Sabaaar, sebelum mengetahui jenis-jenis emas yang dijual, ada faktor penting dalam menentukan nilai emas, yaitu kadar dan karat.

Yuk, kita bahas apa itu kadar dan karat serta bagaimana kedua hal tersebut dapat mempengaruhi nilai dari emas.

Kadar Emas:

Ibu-ibu di Indonesia tampaknya kurang begitu peduli dengan hal satu ini.

Begitu punya uang langsung kalap dengan membeli emas sebanyak-banyaknya tanpa peduli dengan kadar emas yang dibelinya. Hal ini diamini oleh seorang petinggi di salah satu toko emas ternama.

Tidak peduli kadar emas sebenarnya akan membawa pada banyak kerugian. Paling nyata adalah penipuan kandungan kadar emas di dalam perhiasan.

Misalnya emas ditawarkan oleh sebuah toko emas di pinggir pasar dan diakui sebagai emas dengan kadar 75% padahal begitu dilakukan pengukuran kadarnya ternyata kurang dari 75%.

Fenomena ini berbeda dengan yang terjadi pada ibu-ibu di China ketika membeli emas. Di China, para ibu-ibu terbiasa dengan melakukan cek kadar emas meskipun harus membayar.

Baca Juga: Emas Dunia Naik, Antam Malah Turun

Alasannya sederhana, mereka takut kadar emas yang dibelinya ternyata tidak sesuai dengan kenyataan. Bahkan, pemerintah China sampai membuat dan mengeluarkan aturan yang menyatakan bahwa toko emas yang kedapatan melakukan penipuan kadar emas bisa di bawa ke pengadilan.