Hujan Bisa Jadi Sumber Energi Baru, Ini Menurut Ahli

Hujan bisa jadi sumber energi baru? Bagaimana bisa?

Bahan bakar fosil suatu hari akan habis tak tersisa. Itulah kenapa banyak orang mulai mencari sumber energi alternatif dan terbarukan untuk masa mendatang, termasuk para ilmuwan yang temukan fakta baru soal hujan sebagai energi terbarukan.

Ada banyak sekali upaya untuk memanfaatkan energi alternatif. Mulai dari panel surya, hingga pemanfaatkan hidrogen meski instrumennya punya harga mahal.

Namun akhirnya para peneliti telah mengembangkan generator yang membuat pemanfaatan energi alternatif jadi sederhana, yakni lewat hujan.

Melansir Engadget, generator ini menggunakan transistor efek medan untuk secara instan menghasilkan tegangan tinggi dari sekadar tetesan air.

Bahkan, setetes saja bsia menghasilkan 140V. Daya ini cukup untuk menerangi 100 lampu LED kecil secara singkat.

Para peneliti berhasil mendesain pasangan elektroda aluminium dengan elektroda oksida timah indium yang berlapis PTFE, sebuah bahan dengan muatan listrik “kuasi-permanen.” Hal ini membuat daya bisa lebih besar kala tetesan menyentuhnya.

Hujan-Bisa-Jadi-Sumber-Energi-Baru
Hujan Bisa Jadi Sumber Energi Baru

Teknologi ini juga bisa menangani hujan yang terus menerus, di mana daya akan seperti dicas, terakumulasi di kapasitas generatornya hingga mencapai titik penuh.

Satu hal yang oleh para peneliti masih jadi hal yang kurang, adalah tingkat kepraktisannya. Saat ini, alat ini masih terlalu besar dan tidak mudah untuk teraplikasikan di rumah.

Baca Juga : Dunia Tambang Mengajak Pekerja Muda! BERANI?

Apalagi, hujan tidak selalu konsisten. Di beberapa tempat bahkan mungkin jarang terjadi. Kendati demikian, air hujan dapat digunakan sebagai sumber daya cadangan dengan cara dikumpulkan.

Dengan begitu, ketika malam hari saat tak ada sinar matahari, sumber energi dari tetesan air hujan bisa dimanfaatkan. Cara tersebut tak cuma mudah, melainkan pula berbiaya sangat murah.