HPE Tambang Oktober 2020 Merangkak Naik

HPE Tambang Oktober 2020 Merangkak Naik

HPE Tambang Oktober 2020 Merangkak Naik
HPE Tambang Oktober 2020 Merangkak Naik

Harga komoditas pertambangan mulai menunjukkan performa positif pada periode akhir September 2020, harga beberapa komoditas produk pertambangan berhasil naik meski dibayangi oleh laju pandemi Covid-19 yang masih terus berlangsung.

Kenaikan komoditas produk pertambangan cukup signifikan seiring adanya permintaan pasar dunia yang meningkat.

Peningkatan permintaan telah membawa pengaruh pada harga penetapan Harga Patokan Ekspor (HPE) produk pertambangan yang dikenakan bea keluar (BK) untuk periode Oktober 2020.

Ketentuan ini ditetapkan dalam Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 76 Tahun 2020 pada 30 September 2020.

“HPE produk pertambangan periode Oktober 2020 mengalami fluktuasi, antara lain komoditas konsentrat tembaga, konsentrat besi, konsentrat besi laterit, konsentrat timbal, konsentrat seng, konsentrat pasir besi, konsentrat ilmenite, dan bauksit yang telah dilakukan pencucian mengalami kenaikan dibandingkan periode bulan lalu. Harga beberapa komoditas produk pertambangan mulai mengalami kenaikan karena permintaan dunia yang meningkat,” jelas Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Didi Sumedi.

Didi menambahkan, komoditas konsentrat mangan mengalami penurunan harga karena kelebihan pasokan dan penurunan permintaan pasar di pabrik pemurnian mangan di China.

Di samping itu, konsentrat rutil mengalami penurunan harga karena permintaan komoditas tersebut pada industri baja yang mengalami penurunan.