Holding Baterai Diharapkan Terbentuk Awal 2021

Must read

Holding Baterai Diharapkan Terbentuk Awal 2021

Holding Baterai Diharapkan Terbentuk Awal 2021
Holding Baterai Diharapkan Terbentuk Awal 2021

Salah satu pembahasan yang masih berlangsung dalam pembentukan holding baterai BUMN adalah soal aset nikel milik anak usaha MIND ID, yaitu Aneka Tambang.

Kesepakatan pembentukan holding badan usaha milik negara atau BUMN untuk menjalankan bisnis baterai hingga kini belum terealisasi.

Padahal dua perusahaan asing telah berminat bergabung dalam bisnis tersebut.

Perusahaan asing itu adalah Contemporary Amperex Technology Co Ltd (CATL) asal Tiongkok dan LG Chem Ltd asal Korea. Keduanya termasuk produsen baterai kendaraan listrik (EV) terbesar di dunia. 

Direktur Utama Indonesia Asahan Aluminum atau MIND ID Orias Petrus Moedak menjelaskan hingga saat ini belum ada satupun kesepakatan yang terjalin.

Masing-masing anggota konsorsium masih melakukan negosiasi dengan para mitra.

Diharapkan awal tahun depan bisa ada kesepakatan antara calon mitra, baik dari sisi tambang, battery pack hingga ke proses daur ulangnya.

Asetnya PT. Aneka Tambang (Persero) Tbk, cukup kuat membawa Indonesia masuk ke industri kendaraan listrik dunia.

Untuk merealisasikan holding baterai ini, Komisaris Utama MIND ID Agus Tjahjana Wirakusuma telah ditunjuk sebagai ketua pembentukan PT. Indonesia Battery.

Baca Juga: Peluang Logam Tanah Jarang untuk Industri Pertahanan RI

Selain MIND ID, konsorsium ini juga berisi Pertamina dan PLN. Sebagai informasi, Indonesia merupakan produsen dan pemilik cadangan nikel terbesar dunia.

Meski demikian, hal ini tak membuat bisnis baterai dapat melenggang mulus. Ada satu bahan bakunya tidak ada di sini, yaitu lithium.

1 COMMENT

Menurut Pendapat Kamu ?

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest article