Hilirisasi Nikel Menuju “Global Value Chains”

Hilirisasi Nikel Menuju “Global Value Chains”

Hilirasi Nikel Menuju “Global Value Chains”
Hilirisasi Nikel Menuju “Global Value Chains”

Keberlimpahan cadangan mineral yang dimiliki oleh Indonesia adalah sebuah katalisator untuk mempercepat Indonesia menjadi negara maju?

Katalisator berupa cadangan mineral yang melimpah, dari mulai bijih nikel, timah, alumunium, tembaga, perak, hingga emas. harus dapat dimanfaatkan semaksimal dan seefisien mungkin demi membawa Indonesia sejahtera.

Sayangnya, selama beberapa dekade, komoditas mineral tidak diolah di dalam negeri, melainkan diekspor secara gelondongan dalam bentuk bahan mentah, atau paling banter berupa produk setengah jadi.

Alhasil, Indonesia hanya menikmati nilai tambah yang minim dari tambang mineral tersebut. Padahal, jika diolah terlebih dahulu di dalam negeri atau dilakukan hilirisasi, Indonesia bisa menikmati nilai tambah yang amat tinggi.

Sebagai contoh, setelah bijih (ore) nikel diolah menjadi produk hilir (nikel dan turunannya), harganya bisa melonjak sampai 50 kali lipat di pasar ekspor.

Keberadaan pabrik pengolahan dan pemurnian (smelter) mineral di dalam negeri tentu menghasilkan dampak pengganda (multiplier effect) yang amat besar bagi perekonomian nasional. Smelter-smelter itu akan melahirkan berbagai industri ikutan.

Para investor akan berbondong-bondong masuk untuk berinvestasi dan menjadikan Indonesia sebagai basis produksi mereka.

Akibatnya, penenerimaan negara dari pajak bakal meningkat. Begitu pula penerimaan negara bukan pajak (PNBP).

Dengan demikian, APBN punya kemampuan lebih besar untuk membiayai program-program pembangunan.

Tenaga kerja akan banyak terserap oleh pabrik-pabrik pengolahan mineral. Angka pengangguran dan kemiskinan turun signifikan. Rakyat bakal sejahtera.

Baca Juga: Kota Sangatta, Tempat Tambang Batu Bara Terbesar di Dunia

Dengan melakukan hilirisasi, Indonesia juga akan memiliki industri manufaktur yang tangguh dan berdaya saing tinggi.

Dengan memiliki industri manufaktur yang tangguh, harkat, dan martabat kita sebagai bangsa bakal naik berlipat ganda karena kita memiliki brand manufaktur yang kuat.