Hidrogen, Masa Depan Energi Bersih

Biaya hidrogen diperkirakan akan turun tajam dalam waktu dekat. Sebab ada prediksi bahwa teknologi tersebut dapat menyediakan 20 persen dari kebutuhan pengurangan CO2 dunia pada 2050.

Sekarang tergantung pada pembuat kebijakan dan investor untuk memulai transisi ini. Bisakah 2020 menandai titik balik utama untuk transisi energi bersih global – dengan hidrogen sebagai intinya?

Pada 2020 memang bisa menandai awal era baru untuk energi bersih. Jika kita meningkatkan investasi dalam teknologi hidrogen dan berhasil mengembangkan kerangka kebijakan yang tepat untuk mengubah hidrogen menjadi bagian utama dari sistem energi global kita.

Baca Juga : PLTA Hasang Telah Siap Beroperasi

Hidrogen dapat membantu menurunkan emisi sambil meningkatkan keamanan dan ketahanan energi secara signifikan. Sekaranglah saatnya untuk bertindak.

Apakah ini awal dari dekade baru di mana pemerintah, industri dan investor mengubah persneling dan bergerak lebih cepat menuju peningkatan solusi berbasis hidrogen untuk transportasi, pemanas, dan industri yang lebih bersih?

Pada tahun ketiga peluncuran Dewan Hidrogen di Davos pada Januari 2017, bintang-bintang dunia tampaknya bersatu untuk mewujudkan hal ini.

Menurut data baru dari tiga agensi global, NASA, NOAA dan UK Met Office. Dalam 10 tahun hingga 2019 memiliki cuaca yang terpanas dalam catatan. Ini muncul setelah peringatan IPCC tentang dampak yang diharapkan dari 1,5°C pemanasan global.

Di masa depan, kita dapat melihat kembali dekade terakhir ini sebagai yang sepenuhnya menyadari tantangan iklim – sementara dekade berikutnya, mulai sekarang, menawarkan penduduk dunia kesempatan untuk mengatasinya.

Jadi, sementara organisasi global ini telah bekerja untuk mengumpulkan data. Industri ini telah bekerja keras untuk mengidentifikasi solusi untuk membantu mengatasi masalah ini.

Industri hidrogen memiliki peluang untuk memanfaatkan potensi yang sangat besar untuk berbagai aplikasi, mulai dari bahan bakar mobil, truk besar, hingga bantuan bangunan pemanas dan industri pembangkit tenaga.

Industri Hidrogen

Industri-Hidrogen
Industri

Hal ini dapat membantu mendekarbonisasi sektor-sektor yang sulit diatasi seperti transportasi berat, baja dan penerbangan.

Yang paling penting dalam hal ini, dapat menghasilkan nol emisi pada titik penggunaan, dapat diproduksi dari energi terbarukan seperti matahari dan angin, dan memberikan solusi dalam hal kelebihan produksi listrik, karena memungkinkan untuk penyimpanan energi jangka panjang.

Faktanya, jika kita fokus pada peningkatan dalam dekade berikutnya, dapat memenuhi 18 persen dari permintaan energi final dunia pada tahun 2050 dan menyediakan sekitar 20 persen pengurangan CO2 yang diperlukan untuk membatasi pemanasan global. Biaya hidrogen diperkirakan turun tajam dan lebih cepat dari yang diperkirakan.

Sampai sekarang, tantangan terbesar untuk energi hidrogen adalah harganya. Biaya yang terkait dengan hidrogen untuk penggunaan sehari-hari telah membuatnya tidak terjangkau dibandingkan dengan opsi lain, tetapi ini akan berubah.

Sebuah laporan baru yang berjudul Path to Hydrogen Competitiveness:

A Cost Perspective, diluncurkan oleh Hydrogen Council – sebuah koalisi yang dipimpin CEO dari lebih dari 80 perusahaan yang bekerja untuk membawa manfaat hidrogen ke dunia. Menunjukkan bahwa dengan meningkatkan produksi hidrogen secara besar-besaran, distribusi, peralatan dan pembuatan komponen.

Biaya solusi hidrogen diproyeksikan berkurang hingga 50 persen pada 2030 dalam berbagai aplikasi. Hal ini membuat hidrogen bersaing dengan alternatif rendah karbon lainnya dan, dalam beberapa kasus, bahkan pilihan konvensional. Pengurangan biaya yang signifikan diperkirakan di berbagai solusi.

Untuk lebih dari 20 diantaranya, seperti transportasi jarak jauh dan tugas berat, pemanasan industri, dan bahan baku industri berat. Yang bersama-sama terdiri sekitar 15 persen dari konsumsi energi global, rute hidrogen muncul sebagai pilihan dekarbonisasi pilihan sebagai bahan kesempatan.

Lintasan biaya ini dapat dikaitkan terutama dengan peningkatan yang secara positif berdampak pada tiga pendorong biaya utama seperti, penurunan signifikan dalam biaya produksi rendah karbon dan hidrogen terbarukan.

Energi Bersih

Energi-Bersih
Energi Bersih

Selanjutnya distribusi yang lebih rendah dan biaya pengisian bahan bakar berkat pemanfaatan beban yang lebih tinggi dan efek skala pada pemanfaatan infrastruktur. Serta penurunan dramatis dalam biaya komponen untuk peralatan penggunaan akhir dari peningkatan produksi.

Laporan itu membantah mitos bahwa ekonomi hidrogen tidak dapat dicapai dan menunjukkan bahwa kemungkinan masa depan energi bersih di mana hidrogen memainkan peran utama, mungkin lebih dekat daripada yang kita pikirkan.

Untuk mewujudkan peluang ini, pembuat kebijakan perlu membantu menciptakan kondisi pasar yang tepat. Pemerintah di geografi utama perlu menerapkan kebijakan pendukung, dan dukungan investasi sekitar 70 miliar dollar AS akan dibutuhkan dari berbagai sumber selama dekade berikutnya untuk meningkatkan dan mencapai daya saing biaya.

Meskipun angka ini cukup besar, namun menyumbang kurang dari 5 persen dari pengeluaran global tahunan untuk energi. Sebagai perbandingan, pengeluaran tahunan global untuk energi berjumlah 1,85 triliun dollar AS.

Sementara subsidi yang diberikan untuk energi terbarukan di Jerman berjumlah sekitar 30 miliar dollar AS pada 2019 saja. Momentum di sektor hidrogen kuat.

Penyebaran, strategi, aliansi, dan pengembangan teknologi sedang mengalami kemajuan di geografi dan sektor yang lebih luas. Namun, beberapa proyek penting berpotensi besar belum lepas landas.

Demikian pula, sementara beberapa langkah dan alat pembiayaan pendukung sudah ada, banyak dari mereka tidak memiliki ruang lingkup dan dampak untuk secara tegas meningkatkan sektor ini.

Pada tahun terakhir, industri telah membangun kemitraan dengan komitmen yang jelas untuk meningkatkan. Melalui Dewan Hidrogen, industri hidrogen bermitra dengan Bank Investasi Eropa untuk mengidentifikasi skema pembiayaan inovatif yang tepat.

Menjamu para pemimpin industri dan anggota komunitas investasi pada Hari Investor di KTT G20 di Jepang, dan membawa para investor bersama Grup Investor baru.

Dengan semua langkah dalam mendefinisikan dan menerapkan cara mempercepat investasi besar dalam komersialisasi skala besar solusi hidrogen di seluruh industri di seluruh dunia.