Harga Minyak Untungkan Perdagangan Batu Bara?

Harga Minyak Untungkan Perdagangan Batu Bara?

Harga-Minyak-Untungkan-Perdagangan-Batu-Bara?
Harga Minyak Untungkan Perdagangan Batu Bara?

Diujung perdagangan batubara semalam, harga di bursa internasional hanya naik moderat.

Melanjutkan kenaikan harga signifika moleh rally harga minyak mentah dunia hingga mencapai penguatan tertinggi sejak awal Maret 2020.

Tingginya harga minyak mentah akan membuat permintaan batubara meningkat sehingga mengangkat harga komoditas energy tersebut.

Kenaikan harga minyak mentah dunia hingga mencapai posisi tertinggi 3 bulan membawa keuntungan pada perdagangan batubara di bursa komoditas internasional hari Selasa yang berakhir dini hari tadi Rabu (03/06/2020).

Harga batubara NewCastle pada bursa ICE Eropa semalam ditutup menguat melanjutkan lompatan harga sebelumnya.

Harga batubara NewCastle  untuk kontrak batubara  berjangka yang ramai diperdagangkan yaitu kontrak bulan Juli 2020 ditutup pada posisi US$56,50 yang menguat  0,20 poin atau 0,36% dari penutupan perdagangan sebelumnya yang telah naik 1,40% dari harga akhir pekan lalu.

Kenaikan harga batubara yang moderat tersebut dipicu oleh posisi harga gas alam di bursa internasional yang sedang melemah.

Terpantau harga gas alam sedang turun 0,73% pada akhir sesi Amerika.

Baca Juga: Harga Batu Bara, Minyak & CPO Optimis Songsong New Normal

Penurunan harga ini nantinya akan membuat investor bargain hunting terhadap gas alam dan itu merugikan perdagangan batubara.

Secara fundamental posisi harga batubara masih sangat lemah oleh menurunnya permintaan batubara fisik di seluaruh dunia.

Baru-baru ini diberitakan terjadi penurunan permintaan batubara di negara besar Eropa oleh berkurangnya konsumsi listrik di kawasan tersebut pasca covid-19.