Harga Minyak Naik karena Pasokan AS Minim

Harga Minyak Naik
Harga Minyak Naik karena Pasokan AS Minim

Harga minyak naik pada akhir perdagangan kemarin karena persediaan minyak mentah AS menurun seiring ketegangan perdagangan AS-Tiongkok terus mereda. Minyak mentah Brent berjangka naik 44 sen menjadi USD 66,46 per barel.

Sementara itu harga minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) AS naik 34 sen menjadi USD 61,27 per barel, dilansir dari Reuters, Jumat (20/12/2019).

Harga minyak juga didukung oleh keputusan China untuk membatalkan rencana untuk mengenakan tarif tambahan pada impor AS dan kesepakatan Fase 1 antara Washington dan China, yang telah meredakan ketegangan perdagangan. Kesepakatan antara dua negara ekonomi terbesar di dunia telah meningkatkan prospek ekonomi global, mengangkat prospek untuk permintaan energi yang lebih tinggi tahun depan dan menopang harga minyak.

Baca juga artikel terkait Harga Minyak Naik: 6 Hari Berturut Harga Minyak Dunia Semakin Mahal

Sebagai tanda lebih lanjut dari hubungan yang mencair, kementerian keuangan China menerbitkan daftar baru enam produk AS yang akan dibebaskan dari tarif mulai 26 Desember. Namun, jika pejabat AS dan China gagal memberikan rincian konkret tentang upaya mereka untuk mencapai kesepakatan perdagangan, harga minyak dapat kehilangan momentum kenaikannya, kata Wakil Presiden riset pasar di Tradition Energy Gene McGillian.

“Kecuali jika kita mendapatkan rincian nyata, ketidakpastian tentang apa yang terjadi di front perdagangan akan mulai menambah lebih banyak perlawanan. Kita perlu melihat tanda-tanda bahwa resolusi nyata sudah dekat”, kata McGillian.