Harga Minyak Dunia Naik 2%

Harga Minyak Dunia Naik 2%

Harga-Minyak-Dunia-Naik-2%
Harga Minyak Dunia Naik 2%

Harga minyak mentah dunia menguat penuh optimisme pada sesi perdagangan Kamis (18/6), waktu AS.

Harga minyak terangkat oleh pertemuan panel OPEC dan sekutunya pekan ini yang meninjau pasokan minyak dunia.

Harga minyak mentah berjangka Brent untuk pengiriman Agustus naik 80 sen atau hampir dua persen menjadi US$41,51 per barel di London ICE Futures Exchange.

Sementara itu harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) naik 88 sen atau 2,3 persen ke posisi US$38,84 per barel di New York Mercantile Exchange

Pun naik harga, analis minyak senior Future Group Phil Flynn menilai harga minyak bisa naik lebih tinggi jika tidak dibayangi oleh ketakutan akan pandemi virus corona.

“Anda akan melihat lebih banyak kepatuhan OPEC. Saya pikir harga minyak akan jauh lebih tinggi jika bukan karena ketakutan akan virus corona ini,” ucapnya.

Sebelumnya, Panel OPEC+ menekan negara-negara seperti Irak dan Kazakhstan untuk mematuhi pemotongan minyak pada Kamis (18/6).

Mereka juga membuka lebar kemungkinan memperpanjang atau memotong rekor pembatasan produksi mulai Agustus.

Panel yang dikenal dengan Komite Pengawasan Bersama Gabungan (JMMC) ini menyarankan OPEC+ kembali bertemu pada 15 Juli mendatang.

Dalam pertemuan tersebut akan dibahas soal tingkat pemotongan pasokan minyak selanjutnya yang dirancang melindungi harga minyak dari infeksi virus corona.

Baca Juga: Industri Nikel Bahan Baku Baterai Mobil Listrik

Sementara, OPEC+ telah memangkas produksi sejak Mei dengan rekor 9,7 juta barel per hari (bph) atau 10 persen dari pasokan global setelah permintaan anjlok hingga sepertiganya.

Namun berbagai sumber meragukan diskusi pada Kamis lalu merupakan rekomendasi perpanjangan pemangkasan pasokan produksi hingga Agustus.

Sebab, kepatuhan OPEC+ pada komitmen pengurangan produksi pada Mei hanya sebesar 87 persen.