Harga Minyak Dunia Melesat Ke Level US$60/Barrel

Harga Minyak Dunia Melesat Ke Level US$60/Barrel
Harga Minyak Dunia Melesat Ke Level US$60/Barrel

Pada akhir perdagangan Senin, 8 Februari 2021 dengan menyentuh US$60 per barrel, Harga minyak dunia melesat ke level tertinggi dalam setahun terakhir.  

Penguatan harga minyak didorong oleh beberapa faktor, yakni pemotongan pasokan oleh beberapa produsen utama minyak dunia dan harapan kelanjutan stimulus ekonomi Amerika Serikat (AS). 

Harga minyak mentah berjangka Brent untuk pengiriman April naik US$1,22 atau 2,1% menjadi US$60,56 per barrel.

Sementara harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS menguat US$1,12 atau 2% ke US$57,97 per barrel.

Kedua harga acuan minyak dunia tersebut berada di level tertinggi sejak Januari 2020. Wakil Presiden Pasar Minyak Rystad Energy Paola Rodriguez Masiu menyatakan, penguatan harga memberikan keyakinan pasar bahwa situasi mulai kembali normal setelah pandemi covid-19. 

“Berhasil menembus US$60 lagi terasa seperti pasar akhirnya muncul kembali setelah perjuangan panjang dan (mengambil) nafas yang tepat,” ujar Paola. 

Arab Saudi selaku negara produsen minyak mentah terbesar dunia menjanjikan pemotongan pasokan tambahan pada Februari dan Maret menyusul pengurangan produksi minyak oleh anggota lain dari Organization Petroleum Exporting Countries (OPEC) dan sekutunya.

Menteri Keuangan AS Janet Yellen juga mengatakan, Amerika Serikat dapat kembali ke kondisi sebelum pandemi pada 2022 jika Kongres menyetujui paket bantuan sebesar US$1,9 triliun dari Presiden, Joe Biden.

Baca Juga: Smelter Tembaga Tsingshan-PTFI Bisa Bernilai Rp35 T

Pernyataan Yellen muncul setelah kedua kamar di Kongres AS pada Jumat (5/2) mengesahkan resolusi anggaran sebagai langkah kunci yang memungkinkan Demokrat untuk mendorong paket bantuan Biden tanpa dukungan dari Partai Republik.

Selain itu, harapan bahwa ekspor minyak Iran akan segera kembali ke pasar juga telah berkurang. Hal tersebut memberikan dukungan tambahan terhadap naiknya harga minyak mentah dunia.