Harga Minyak Dunia Kok Bisa Minus?

Harga Minyak Dunia Kok Bisa Minus?

Harga-Minyak-Dunia-Kok-Bisa-Minus?
Harga Minyak Dunia Kok Bisa Minus?

Lantas pertanda apa ini? Apa benar sudah sudah memasuki resesi atau karena lockdown di lakukan negara-negara dunia membuat kosumsi minyak dunia turun signifikan?

Harga minyak mentah sempat menyentuh level di bawah nol alias berada di zona negatif.

Tidak salah? Ya tidak ada yang salah, pasokan berlebihan dan tak tertampung membuat minyak tak berharga.

Sebelum membahas apa arti dibalik harga minyak yang negatif dan mengapa bisa terjadi ada setidaknya tiga hal yang harus diketahui.

Pertama, yang harus diketahui terlebih dahulu adalah harga minyak yang dirujuk adalah harga minyak mentah kontrak berjangka.

Kontrak berjangka adalah kontrak untuk pengiriman fisik komoditas atau efek tertentu yang mendasarinya. Banyak spekulan yang memperjualbelikan kontrak dengan underlying asset berupa minyak mentah untuk meraup keuntungan.

Namun ada juga pihak yang memperjualbelikannya karena menggunakan komoditas tersebut. Beberapa contohnya adalah kilang minyak dan industri maskapai pesawat terbang.

Baca Juga: Harga Minyak AS Terjun Bebas

Kedua, yang harus diketahui adalah minyak mentah ada banyak jenisnya, ada Brent, ada West Texas Intermediate (WTI) ada OPEC Reference Basket dan masih banyak lagi.

Perbedaan yang mendasari jenis minyak tersebut salah satunya adalah karakteristik minyak.

Nah minyak mentah yang harga kontraknya sampai minus itu adalah minyak jenis WTI atau yang lebih dikenal dengan light sweet dan biasanya jadi acuan Negeri Paman Sam.