Harga Minyak Anjlok, Emiten Minyak Belum Ambil Langkah

Harga Minyak Anjlok, Emiten Minyak Belum Ambil Langkah

Harga-Minyak-Anjlok-Emiten-Minyak-Belum-Ambil-Langkah
Harga Minyak Anjlok, Emiten Minyak Belum Ambil Langkah

Emiten masih melihat perkembangan harga minyak sebelum mengambil langkah penting terhadap rencana bisnis yang sudah disusun.

Emiten yang bisnisnya berkaitan dengan minyak belum mengambil langkah apapun seiring dengan anjloknya harga minyak mentah cukup dalam hingga sempat menyentuh level minus pada perdagangan Selasa (21/4/2020).

Untuk diketahui, hingga pukul 16.44 WIB harga minyak jenis WTI untuk kontrak Mei 2020 di bursa Nymex diperdagangkan di level -US$3,43 per barel.

Harga itu relatif lebih baik dibandingkan dengan harga pada penutupan perdagangan Senin (20/4/2020). Yang untuk pertama kalinya dalam sejarah minyak, harga parkir di area negatif yaitu di level -US$37,63 per barel.

Myrta Sri Utami, Vice President Investment Relation PT. Medco Energi Internasional Tbk., mengatakan hingga saat ini perseroan masih mempertahankan biaya produksi di level US$10 per barel meskipun harga minyak mentah global saat ini diperdagangkan di bawah level itu.

Emiten berkode saham MEDC itu pun masih mempertahankan target dan panduannya tahun ini dan belum dapat memberikan keterangan lebih lanjut terkait dampak penurunan harga minyak mentah global terhadap kinerja perseroan.

“Kami belum bisa menyampaikan lebih dari apa yang pernah kami sampaikan sebelumnya, termasuk didalamnya efisiensi dan produksi,” ujar Myrta kepada Bisnis, Selasa (21/4/2020).

Baca Juga: Harga Minyak Mentah AS Minus

Adapun, saat harga minyak pertama kali menyentuh level di bawah US$30 per barel pada pertengahan Maret 2020. Perseroan telah terlebih dahulu memangkas alokasi belanja modal atau capital expenditure (capex) dan target produksi.

Perseroan telah memangkas belanja modal tahun ini yang semula sebesar US$340 juta menjadi hanya sebesar US$240 juta karena prospek pelemahan permintaan minyak dalam beberapa kuartal ke depan.