Harga Gas Batal Naik Hingga Akhir 2019

Harga Gas Batal Naik
Sudut Energi – Harga Gas Batal Naik Hingga Akhir 2019

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif memastikan harga gas industri tidak akan naik hingga akhir 2019. Artinya, rencana PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) untuk menaikkan harga gas per 1 November 2019 juga ikut ditunda. Demi menciptakan industry yang kompetitif, sehinga dalam situasi ekonomi yang berat tidak akan berdampak pada berbagai sektor industry. Kebijakan ini pun dibuat tanpa menunggu instruksi dari Persiden Joko Widodo.

Sebagai tindak lanjut, PGN tetap berkoordinasi dan berkonsultasi dengan Kementerian ESDM dan penundaan tersebut dilakukan untuk memastikan pelaksanaannya ke depan akan berjalan lancar dan masing-masing kepentingan terakomodasi dengan baik.

Baca juga artikel terkait Harga Gas Batal Naik Hingga Akhir 2019: Jenis Barang Tambang Yang Ada Di Indonesia

Pihak PGN juga menyatakan aan melakukan pendndekatan melalui sosialisasi dan negosiasi secara B2B kepada masing-masing Pelanggan untuk persiapan penyesuaian harga gas ini serta akan melakukan roadshow dan komunikasi langsung dengan setiap pelanggan untuk mencapai kesepakatan yang win-win.

Rencana penyesuaian harga gas ini adalah untuk yang pertama kali dalam tujuh tahun terakhir dan telah mempertimbangkan seluruh aspek yang terkait dalam tata niaga gas bumi. Selama kurun waktu tersebut, dapat diketahui telah banyak terjadi perubahan yang berdampak bagi pertumbuhan ekonomi seperti kenaikan inflasi, Upah Minimum Regional (UMR), Kurs, harga pokok pembelian gas, dan lain sebagainya.