Harga Emas Turun Setelah Perundingan Dagang Kirim Sinyal Tak Baik

Harga emas Emas turun pada Senin (25/11) petang di Asia di mana perundingan Dagang Cina-AS terus mengirimkan sinyal yang berbeda ke pasar.

Emas Berjangka melemah sebesar 0,4% menjadi $1,465.05 pada pukul 1:25 AM ET (05:25 GMT). Presiden Cina Xi Jinping mengatakan pekan lalu bahwa Cina telah “bekerja aktif mencoba tidak berperang dagang”. “Kami tidak memulai perang dagang ini, dan ini bukan sesuatu yang kami inginkan”.

Baca juga artikel terkait Harga Emas Turun Setelah Perundingan Dagang Kirim Sinyal Tak Baik: Energi Ramah Lingkungan Untuk Bumi yang Lebih Baik

Xi dan Donald Trump keduanya menyatakan keinginan untuk menandatangani kesepakatan perdagangan tahap satu. Namun, Reuters melaporkan bahwa penandatanganan kesepakatan mungkin ditunda sampai tahun depan. Beijing menyebut AS ikut campur urusan dalam negeri Cina ketika Kongres AS meloloskan dua RUU pro-demokrasi yang mendukung para pengunjuk rasa di Hong Kong.

“Harapan buruk mereka adalah bahwa Hong Kong akan tenggelam dalam kekacauan dan menjadi keuntungan bagi mereka untuk menahan perkembangan Cina,” media pemerintah Cina People’s Daily menyatakan pada akhir pekan.

Reuters melaporkan hari ini bahwa kesepakatan perdagangan tahap dua kini peluangnya terlihat semakin kecil karena kedua negara masih berjuang untuk mencapai kesepakatan awal.

Di sisi lain, Trump mengatakan Jumat lalu bahwa kesepakatan perdagangan dengan Cina “berpotensi sangat dekat,” sebelum mencatat bahwa “pertanyaannya apakah saya ingin melakukannya atau tidak”.

Harga emas juga mengalami tekan dari kenaikan bursa Asia hari ini dengan Indeks Hang Seng Hong Kong melonjak hampir 2% dalam perdagangan pagi setempat.