Harga Emas Terjerembap Di Tengah Optimisme Kesepakatan Dagang

Harga Emas
Harga Emas Terjerembap Di Tengah Optimisme Kesepakatan Dagang

Harga emas ini turun dalam dua hari perdagangan berturut-turut dari US $1.474,88 per ons troi pada Rabu lalu. Emas turun sejak Presiden AS Donald Trump mengatakan bahwa AS makin mendekati kesepakatan dagang dengan China.

“Tweet Trump memicu minat risiko sehingga aliran modal bergerak ke saham. Masalah bagi emas adalah ketika kondisi membaik, safe haven ini dihindari,” kata Bart Melek, head of commodity strategist TD Securities kepada Reuters.

Emas turun di tengah sinyal positif kesepakatan dagang Amerika Serikat (AS) dan China menjelang akhir pekan. Jumat (13/12) pukul 8.33 WIB, emas spot berada di US $1.469,40 per ons troi.

Baca juga: Usai Melonjak, Harga Emas Antam Turun Rp 4.000 per Gram

Investor sebenarnya juga tengah mencermati pemilu Inggris yang akan melanjutkan langkah Brexit di bawah Perdana Menteri Boris Johnson atau memicu Inggris ke referendum lain yang bisa membalikkan keputusan untuk keluar dari Uni Eropa.

Polling utama menunjukkan bahwa Johnson berpeluang menang. Tapi, analis melihat jika terjadi kejutan, emas bisa menanjak.

Meski terkoreksi dua hari, emas pagi ini masih lebih tinggi ketimbang harga penutupan perdagangan pekan lalu pada US $1.460,17 per ons troi.