Harga Emas Bisa US$ 2.000/Troy Ons

Harga Emas Bisa US$ 2.000/Troy Ons

Harga-Emas-Bisa-US$-2.000/Troy-Ons
Harga Emas Bisa US$ 2.000/Troy Ons

Pada perdagangan pagi ini Rabu (15/4/2020). Harga emas dunia di pasar spot sedikit tergelincir usai menyentuh level tertinggi baru dalam 7 tahun terakhir.

Pada 07.30 WIB harga logam mulia emas dibanderol US$ 1.726,21/troy ons atau melemah 0,11% dibanding posisi penutupan kemarin.

Dana Moneter Internasional (IMF) dalam rilis laporan terbarunya meramal ekonomi global mengalami kontraksi tahun ini karena pandemi corona.

Proyeksi tersebut menjadi pemicu Aset safe haven seperti emas diburu investor dan harga mulai merangkak naik dan diprediksi bisa mencapai level US$ 2.000/troy ounce.

Pelemahan ini tak membuat harga emas lengser dari rentang posisi tertingginya. Harga emas memang tengah melesat akhir-akhir ini.

Dalam kurun waktu 8-14 April 2020, harga emas telah mencatatkan apresiasi sebesar 4,98%.

Maklum sentimen ekonomi global yang terpuruk dan berada di jurang resesi membuat emas makin berkilau. Koreksi yang terjadi pada awal perdagangan ini masih tak sebanding dengan kenaikan harga emas yang signifikan baru-baru ini.

IMF mengatakan pandemi corona adalah sebuah fenomena “Great Lockdown” yang memicu terjadinya resesi global. Dalam laporannya itu, IMF mengungkap suramnya gambaran perekonomian dunia tahun ini.

Organisasi yang berbasis di Washington itu memperkirakan ekonomi global akan terkontraksi 3% pada 2020. Ini merupakan skenario moderat.