Harga Emas Antam Turun Lagi

Harga Emas Antam
Harga Emas Antam Turun Lagi

Harga emas Antam bergerak turun sejak kemarin ketika isu pembicaraan dagang antara Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok kembali mencuat. Hal tersebut sejalan dengan penurunan harga emas di pasar spot.

Harga emas di pasar spot bergerak mendatar pada hari ini di tengah sentimen kesepakatan dagang. Namun, pelemahan dolar bisa membuat harga emas kembali naik secara mingguan. Dilansir dari Reuters, harga emas di pasar spot bergerak datar di level US $ 1.475,51 per ons. Sedangkan harga emas berjangka turun 0,2% menjadi US $1.480,8 per ons.

Presiden AS Donald Trump menyatakan pada Kamis kemarin bahwa pembicaraan terus berjalan, sedangkan Beijing menegaskan kembali sikap mereka terhadap penarikan kebijakan tarif yang rencananya diberlakukan pada 15 Desember 2019 sebagai bagian dari kesepakatan dagang sementara.

Baca juga: ESDM Gandeng Denmark Kembangkan Potensi EBT Yang Ekonomis

Emas Antam kembali melemah jelang akhir pekan. Harga emas Antam pada Jumat (6/12) turun Rp 1.000 menjadi Rp 751 ribu per gram.

Di sisi lain, neraca perdagangan AS defisit ke level terendahnya dalam satu setengah tahun pada Oktober 2019. Angka pengangguran awal diklaim turun menjadi 203 ribu pada 30 November 2019, terendah sejak pertengahan Aprill 2019.

Biarpun begitu, indeks dolar AS turun secara mingguan, melemah setiap hari pada pekan ini, dan membuat harga emas lebih murah ketimbang investasi di mata uang lainnya.