Harga Batubara Menguat! Saham Petrosea Semakin Apik

0
6
Harga Batubara Menguat! Saham PTRO Tampak Apik
Harga Batubara Menguat! Saham PTRO Tampak Apik

Harga batubara yang terus menguat di tahun 2021 ini nyatanya turut membawa berkah bagi emiten penunjang jasa pertambangan, khususnya bisnis kontraktor seperti PT Petrosea Tbk (PTRO) yang menunjukkan kinerja dan saham yang apik.

Apiknya saham PTRO ini, membuat Valbury Sekuritas merekomendasikan beli saham PTRO dengan target Rp2.750 per saham. Saham PTRO diperdagangkan dengan valuasi yang atraktif dengan price/earning (PE) 2021 yakni 3,99 kali.

Sementara Analisis Kiwoom Sekuritas Indonesia, Sukarno Alatas, menyematkan rekomendasi overweight untuk saham PTRO dengan target harga di Rp2.980 per saham.

Pada perdagangan hari ini, PTRO diketahui ditutup menguat 0,83% menjadi Rp.2.440 per saham.

Analisis Valbury Sekuritas Indonesia, Devi Harjoto dan Alfiansyah menyebut, saham PTRO yang apik ini tidak terlepas dari harga batubara yang menguat dan adanya peningkatan target produksi batubara Indonesia di 2021 yang mencapai 625 juta ton. Angka ini sudah kembali ke level pra-pandemi Covid-19. 

PTRO menjadi salah satu pihak yang diuntungkan di tengah menguatnya harga batubara, Sukarno Alatas memproyeksikan, volume produksi PTRO akan meningkat seiring pulihnya ekonomi global dan momentum kenaikan permintaan batubara yang signifikan. 

Baca Juga : Terus Rekor! Begini Proyeksi Harga Batubara Hingga Akhir 2021

Sukarno juga memperkirakan, pendapatan PTRO pada tahun 2022 mendatang masih tumbuh positif. Hal ini karena volume pertambangan yang dilakukan PTRO masih cukup solid.

Untuk tahun ini, PTRO diproyeksikan membukukan pendapatan senilai US$387 juta dan naik menjadi US$425 juta di tahun 2022.

Dari sisi laba bersih pun tak kalah apik, PTRO diprediksi akan mengempit laba bersih sebesar US$34 juta untuk tahun 2021 ini dan US$36 juta untuk tahun depan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here